Pertamina Siapkan Beberapa Pola Penuhi Kebutuhan BBM Meningkat di Masa Lebaran


Tasikplus.com-Seiring meningkatnya mobilitas masyarakat memasuki momentum Idul Fitri. PT Pertamina Patra Niaga memastikan pasokan bahan bakar minyak (BBM) di beberapa derah dalam kondisi aman. Termasuk untuk wilayah Priangan Timur (Priatim).

Demikian mengemuka dalam acara pertemuan unsur pers Tasikmalaya dengan Sales Branch Manager Ritel VI PT Pertamina Bandung dan Manajer Rayon IV Priatim serta Hiswana Migas Pritim, Selasa (2/4/24) sore, di RM Mutiara Tasikmalaya.

Pertemuan diisi penyampaian rilis Kebutuhan BBM dan LPG bagi masyarakat di Priangan Timur, meliputi Kab.Garut, Kab/Kota Tasikmalaya, Kab.Ciamis, Banjar dan Kabupaten Pangandaran, dalam musim mudik-balik Lebaran 1445 H/2024.

Pada paparan yang ia kemukakan, Sales Branch Manager Ritel VI PT Pertamina Bandung, Faishal Fahd, membenarkan adanya peningkatan konsumsi BBM saat momen Lebaran, sehingga ada skema penyiapan penambahan suplai.

"Memang selama musim mudik dan balik Lebaran dalam prediksi terjadi penambahan kebutuhan BBM termasuk di sejumlah daerah dalam wilayah Priangan Timur. Untuk angkanya kita sesuaikan dengan kebutuhan masyarakat," ujar Faishal.

Catatannya, jika melihat prognosa tahun lalu, selama musim lebaran kebutuhan BBM khusus jenis Pertamax dan Pertalite naik antara 70 hingga 80 persen.

Kenaikan kebutuhan BBM tersebut kemudian bisa terpenuhi dengan pola memaksimalkan depot yang beroperasi 24 jam. Upaya lainnya berkoordinasi dengan pihak kepolisian dalam rekayasa lalu lintas, hingga mobil tangki BBM cepat sampai ke SPBU.

Opsi lain Pertamina masih kaitan merespons naiknya kebuuthan BBM, menyediakan SPBU kantong dengan menyiapkan mobil tangki full BBM yang bisa langsung bongkar ketika terjadi asdanya SPBU kehabisan BBM.

Lantas, Pertamina juga menyiapkan pola layanan motoris BBM yang akan mengantarkan BBM ke titik konsumen membutuhkan.

"Untuk motoris BBM ini misal, kita edarkan di dua titik jalur mudik yaitu di Kabupaten Tasikmalaya, satu di kawasan Gentong dan satu lagi di Salawu, Singaparna, dengan harga yang sama," katanya.

Selain itu ada juga operasional SPBU-SPBU Siaga 24 jam pada tujuh titik yang disiagan pada daerah rawan kemacetan di wilayah Kota dan Kabupaten Tasikmalaya.

Tak hanya BBM kendaraan yang jadi perhatian, pun tak beda konsentrasi Pertamina dengan penyediaan kebutuhan gas LPG meningkat memasuki masa Lebaran dan dipastikan aman.

Dalam kebutuhan LPG di musim ini ada peningkatan di anggka 4 - 6 persen. "Peningkatan kebutuhan tersebut dapat kita penuhi melalui ekstradrooping," imbuh Faishal.

Sesi penyampaian rilis jadi rangkaian dari acara buka puasa bersama pula. Tampak hadir dalam kegiatan itu, Sales Branch Manajer Rayon IV Pertamina Priatim, Moh Riza Rahmat Syah dan Ketua Hiswana Migas DPC Priatim, Sigit Wahyunandika. gus
 

0 Komentar