Firman Suryaman Pimpin PWI Tasikmalaya

 

Firman Suryaman

Anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Perwakilan Tasikmalaya, melangsungkan konferensi. Bertempat di aula kantor PWI Jawa Barat, Rabu pekan kemarin. Di antara hasil konferensi memastikan posisi Ketua PWI Tasikmalaya, kini diamanahkan kepada Firman Suryaman yang menggantikan H Syamsul Ma’arif.

Konferensi PWI menjadi pengemban kedaulatan penuh dalam periodisasi kepengurusan. Beragenda penyampaian laporan pertanggungjawaban (LPJ) kinerja kepengurusan dalam satu periode, menetapkan program kerja untuk kepengurusan pascakonferensi PWI tingkat kab/kota atau provinsi.

Yang tak kalah jadi perhatian sentris dalam konferensi adalah pemilihan ketua beserta jajaran kepengurusan untuk periode tiga tahunan. Pada Konferensi PWI, Rabu (30/9) itu, Ketua PWI Tasikmalaya lama, Syamsul Ma’atif, membacakan LPJ yang terus mendapat pernyataan auden, “Diterima”, di sidang pleno tanggapan LPJ.  

Yang tampak dari Konferensi PWI Tasikmalaya 2020, terkesan berlangsung singkat. Beberapa tahapan sidang pleno yang merujuk pada PDPRT PWI, sampai memasuki sesi pembacaan tatib konferensi, dilalui cukup lancar. Tak seorang pun memberi interupsi. Sidang konferensi dipimpin Wakil Ketua Bidang Organisasi, M Syafrin. Didampingi dua pengurus lain PWI Jabar.

Dua calon ketua

Memasuki sesi penjaringan calon ketua, yang kemudian menampilkan dua sosok terdiri, Firman Suryaman, wartawan Tribun Jabar, dan Nova Nugraha, wartawan RRI, kemudian opsi pemilihan yang disepakati peserta bulat secara aklamasi. Dan, akhirnya proses akumulasi suara terbanyak, tertuju pada sosok Firman Suryaman.

Dalam sesi rapat formatur, menghasilkan susunan kepengurusan, Sekretaris dipercayakan kepada Nova Nugraha, didampingi Wakil, Irwan Nugraha. Dua Wakil Ketua PWI terdiri, H Syamsul Ma’arif dan Agus Alamsyah. Bendahara, dipercayakan kepada Adhi K. Struktur ke bawahnya, ada ketua bidang organisasi, pendidikan dan ketua bidang kesra. Pengurus baru PWI Tasikmalaya ini akan mengemban masa bakti periode 2020-2023.

Ajak bangun sinergi

Saat memberi sambutan atas kepercayaan dirinya, Firman menyatakan, keterpilihan mengetua PWI Tasikmalaya, menjadi sesuatu yang di luar perkiraan. Sejauh ini, ia merasa lebih biasa terfokus dengan pekerjaannya sebagai pewarta. Bapak beranak tiga orang ini, dikenal sosok wartawan senior di Tasikmalaya.

“Sehubungan kepercayaan yang diberikan pada saya saat ini, saya mengajak semua jajaran pengurus, kuat bersinergi untuk membawa kinerja organisasi yang lebih baik ke depan. Menguatkan solidaritas, soliditas, kekeluargaan, dan kebersamaan,” singkat Kang Firman, demikian sapaan akrab pada sosok wartawan ramah, murah senyum ini.

Pacu kemampuan diri

Ketua PWI Jabar, H Hilman, saat mengisi pengarahan pada pembukaan konferensi antara lain, mengingatkan tentang kompetisi kinerja sekarang yang makin kencang. Wartawan anggota PWI dimintanya selalu memacu kemampuan diri, memerhatikan norma-norma kerja. Selalu disiplin termasuk dengan kepatuhan terhadap aturan-aturan di organisasi.

Masih pintanya, ikuti kegiatan-kegiatan pelatihan hingga uji kompetensi, seperti uji kompetensi wartawan. Dan, selebihnya amanat ketua PWI Jabar, hidupkan organisasi di daerah dengan aktivitas-aktivitas bermakna bagi masyarakat. Dipungkas pemberian ucapan selamat pada jajaran pengurus baru PWI Tasikmalaya. red