Perpustakaan Nasional Gelar Safari Gerakan Nasional Pembudayaan Kegemaran Membaca

Simbolis, anggota Komisi X DPR RI H Toriq Hidayat Lc, tengah menyerahkan kunci mobil perpustakaan keliling, yang diterima Sekretaris Daerah

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia menggelar kegiatan Safari Gerakan Nasional Pembudayaan Kegemaran Membaca di Propinsi dan Kabupaten/Kota Tahun 2018,

yang difasilitasi anggota Komisi X DPR RI H Toriq Hidayat Lc, dengan mengusung tema Implentasi Revolusi Mental Melalui Mobilisasi Pengetahuan Dalam Rangka Meningkatkan Indeks Literasi Masyarakat, bertempat di Aula Bank Indonesia Tasikmalaya, Selasa (27/2).

Hadir dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Utama Perpustakaan Nasional Drs Dedi Junaedi, perwakilan Dinas Perpustakaan Propinsi Jawa Barat, Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya, anggota DPRD, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah, serta tamu undangan lainnya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Drs H Oslan Haerul Falah MPd dalam sambutannya menyampaikan keberadaan perpustakaan tidak hanya sekedar menjadi tempat pinjam dan membaca buku saja, juga belakangan berkembang menjadi tempat berdiskusi, membahas berbagai topik yang tengah diperbincangkan masyarakat.

Lanjutnya, keberadaan perpusatakaan harus terus didorong dan dikembangkan, karena perpustakaan hadir untuk membangun bangsa.

 Sementara itu, anggota Komisi X DPR RI H Toriq Hidayat Lc mengatakan tingkat budaya membaca masyarakat Indonesia masuk kategori rendah, dengan indeks 26,7%, berada diperingkat 60 dari 61 Negara, data ini hasil riset lembaga literasi internasional.

Ditambahkannya, maka dari itu, kebaradaan perpustakaan, termasuk di daerah harus terus di dorong, baik itu dari sisi sarana prasananya, misal gedung perpustakaan harus refresentatif, agar siapapun yang berkunjung, dapat merasa nyaman. Untuk itu, kami siap mendukung sepenuhnya.

Lanjutnya, pada kesempatan kali ini, kerjasama kami (Komisi X) dan perpustakaan nasional, kita berikan bantuan kendaraan berupa mobil perpustakaan keliling. Selain mobil perpustakaan keliling, kita juga tengah mengupayakan, bantuan motor perpustakaan keliling, satu daerah minimal mendapat 10 unit.

Oleh: Hapid