Pacu Prasarana Pelayanan Kesehatan, Pemkot Tasikmalaya Segera Operasikan RSUD Baru

Didampingi Kadis Kesehatan Kota Tasikmalaya, dr H Uus Supangat, Sekda H Ivan Dicksan H (kedua dari kanan) mengatakan pemerintahannya tengah terus mengembangkan sarana pelayanan kesehatan bagi masyarakat agar tak mengantre di satu RSUD.
Tasikplus.com-Menjadi pilihan untuk mengembangkan ruang pelayanan kesehatan. Dalam waktu dekat, Pemkot Tasikmalaya, Jawa Barat, akan segera mengoperasikan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dewi Sartika.

Fasilitas kesehatan (faskes) baru, berada di wilayah Kecamatan Kawalu. RSUD tipe D ini sudah terbangun dengan fasilitas lengkap. Siap segera diisi para tenaga kesehatan handal mulai dokter, dokter spesialis, dan tenaga kesehatan lainnya.

Tambahan faskes baru ini diharapkan akan mempermudah atau menambah pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang selama ini selalu bertumpu ke RSUD Dokter Soekardjo di pusat perkotaan.

"Sebentar lagi, dalam waktu sangat dekat, Kota Tasikmalaya akan mengoperasikan RSUD baru dengan fasilitas kesehatan lengkap di Kawalu. RSUD itu sudah selesai pembangunan dan sarana lainnya," jelas Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya, Ivan Dicksan, Rabu (6/3/2024) pagi.

Ivan yang saat itu tengah satu kegiatan di kantor Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, kemudian menambahkan, saat ini proses operasional RSUD baru itu sedang tahap pengisian tenaga kesehatannya.

Sedangkan, fasilitas kesehatan lainnya sampai ke alat modern dan canggih untuk pelayanan kesehatannya sudah lengkap. Yang menjadi konsentrasi lainnya lagi, penempatan pelayanan basis digital.

Hal itu sesuai dengan visi menuju Indonesia Emas 2045 dengan penyesuaian peningkatan teknologi. "Selain faskes ditambah, SDM mumpuni, pelayanan kesehatan pun akan secara digital mengikuti perkembangan zaman," kata dia.

Ditambahkannya, pengembangan ruang pelayanan ke depan benar-benar meluas. Warga Kota Tasikmalaya akan dimudahkan mendapatkan pelayanan kesehatan terutama bagi kalangan tak mampu.

Tentunya kesehatan gratis, kelengkapan kesehatan yang canggih dan masyarakat bisa memilih lokasi faskes sesuai dengan keinginannya. Setelah beroperasinya yang di Kawalu, program tambahan ruang pelayanan ini akan dibuka lagi RSUD di Kecamatan Purbaratu. Saat ini masih proses pembangunan.

Selama ini, masyarakat Kota Tasikmalaya seolah hanya bertumpu ke RSUD Soekardjo dan harus bersaing dengan para pasien rujukan di beberapa daerah penyangga di Priangan Timur.

"Soalnya RSUD Soekardjo itu sekarang merupakan tempat rujukan juga warga dari Kabupaten Tasikmalaya, Ciamis, Banjar bahkan Pangandaran. Dengan adanya RSUD baru akan semakin mudah pelayanan kesehatan ke masyarakat," pungkasnya. gus
 

0 Komentar