Asa Hadirkan Remaja “Agent of Change” di Balik Ajang Adujak Genre 2023

Setelah proses puncak penilaian, Ananda Hierofani dan Nasywa Nayla Fitriyani, terpilih menjadi Duta Genre Jabar 2023. Mereka mendapat sambutan meriah dari yang hadir, terlebih dari tim pendukung daerah yang mengusungnya di puncak acara.
Tasikplus.com - Momen pemilihan Duta Genre BKKBN Jabar 2023, berakhir sudah. Dengan penilaian cukup komprehensif, terpilihlah Ananda Hierofani asal Kabupaten Garut dan Nasywa Nayla Fitriyani, duta Genre Kota Cimahi, menjadi Duta Genre Jawa Barat 2023, di sesi grand final Rabu (29/11).

Sebagai pemenang, Duta Genre Jawa Barat 2023 berhak mengantongi sederet hadiah berupa uang tunai dan bingkisan menarik, hingga voucher belanja dari panitia dan sponsor. Selanjutnya mereka akan mewakili Jabar di ajang serupa tingkat nasional yang bakal dihelat di Semarang, Jateng Desember ini.

Pascaterpilih jadi duta genre, mereka akan mengemban peran sebagai ujung tombak Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jabar, dalam mengampanyekan program penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja (PKBR), melalui pemahaman tentang pendewasaan usia perkawinan (PUP).

Sekretaris Perwakilan BKKBN Jabar, Irfan Indriastono menjelaskan, ajang tahunan ini dihelat untuk mendorong partisipasi aktif remaja dalam program Bangga Kencana. Lebih dari sekadar partisipasi, melalui program Genre remaja didorong untuk berperan sebagai subjek sekaligus ujung tombak. Dengan begitu, pelibatan remaja menjadi lebih bermakna.

Dalam upaya meningkatkan kualitas pelaksanaan, cakupan, dan partisipasi remaja dalam pemberian informasi, pendidikan, dan konseling kesehatan reproduksi dan seksual, gizi, serta PKBR di PIK Remaja, sebut Irfan, diperlukan generasi muda yang tumbuh sebagai agent of change di tengah masyarakat.

“Kami berharap dengan keterkaitan ini remaja Jawa Barat lebih berperan dengan segala kondisi,” ungkap Irfan, ditanya di sela kemeriahan serta penetapan Duta Genre 2023 di Harris Convention Center, Kota Bandung.

Irfan menjelaskan, salah satu agent of change yang coba dibentuk BKKBN melalui program PKBR adalah Duta Genre yang merupakan brand ambassador program Genre bagi remaja lainnya. Melalui upaya praktik baik, diharapkan dapat memberikan inspirasi dan terbangun semangat untuk terus berinovasi dalam memberikan yang terbaik bagi remaja-remaja di daerah masing-masing.

“Duta Genre memegang peranan penting untuk menyosialisasikan program BKKBN dalam PKBR, melalui pemahaman tentang pendewasaan usia perkawinan, sehingga mereka mampu melewati lima transisi kehidupan masa remaja dengan baik. Karena itu, melalui kegiatan ini kita harapkan hadirnya para agent of change yang akan membawa remaja Jawa Barat ke arah yang positif untuk menjadikan Jabar lebih baik lagi untuk masa yang akan datang,” harap Irfan.

Perkuat pengetahuan dan keterampilan
Sementara itu, ditemui usai dikukuhkan sebagai Duta Genre Putra Jawa Barat, Ananda Hierofani mengungkapkan, peran remaja agar bisa berkontribusi terhadap wujudnya Indonesia Emas 2045 adalah dengan cara memperkuat pengetahuan dan keterampilannya. Melalui studi yang serius dan menguasai teknologi-informasi.

“Dua hal itu menjadi sarana untuk menumbuhkan kreatifitas, inovasi, dan kolaborasi positif”, ujarnya.

Peran lain adalah menumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan. Juga senantiasa berpartisipasi aktif dalam mewujudkan kehidupan sosial yang inklusif dan responsif terhadap pemasalahan sosial yang terjadi dengan memberikan solusi yang terukur dan dapat diimplementasikan. red
 

0 Komentar