Bupati Tasik Sambut Launching BKB HIU: Visi Bersama Bangun Dasar Kokoh Masa Depan Generasi

Selain ada penampilan hiburan kesenian lokal, diacarakan juga penyerahan SK Bupati Tasikmalaya untuk penentapan BKB HIU Harapan Bunda, di acara Launching Bina Keluarga Balita HI Unggulan tingkat Kab.Tasikmalaya, Kamis 923/11).
Tasikplus.com - Dihadiri beberapa unsur institusional/komunal. Launching Bina Keluarga Balita (BKB) Holistik Integratif Unggulan (HIU) tingkat Kabupaten Tasikmalaya, berlangsung, Kamis (23/11/23). Di lokasi yang menjadi pilihan yakni, BKB HIU Harapan Bunda.


Nama Harapan Bunda merupakan BKB terpilih di wilayah Desa Sukamahi, Kecamatan Sukaratu, setelah dinilai lebih dibanding BKB lainnya di Kabupaten Tasikmalaya. Menyertai pengukuhan BKB ini diserahkan SK Bupati Tasikmalaya, yang menetapkan BKB HIU Kab.Tasikmalaya.

Hadir dalam acara selain institusi yang membidangi BKB dalam intergrasi program, halnya dari Dinas Kesehatan, Disduk Capil, Disdik, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, jajaran pengurus TP PKK, camat Sukaratu beserta unsur muspika, kades, pemuka agama, pengurus Himpaudi, jajaran kader BKB-Posyandu, dll.

Kepala Dinas Sosial Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos-PPKBP3A) Kab.Tasikmalaya yang diwakili Sekretaris, dr Hj Ely Hendalia MH.Kes, memaparkan maksud launching BKB HI Unggulan.

Ia ungkapkan sejak urgensi dan ikhtiar menuju teraihnya peluang negeri ini mencapai generasi emas di 2045, yang masih menghadapi hambatan dalam penyiapan sumber daya generasi ke depan. Seperti dengan angka stunting akibat aspek kekurangan gizi, penyakit menular pada anak, dll.

Memahami itu dan untuk menyelesaikannya, kata Sekdinsos- PPKBP3A, berkait satu dengan lainnya. Apalagi pergerakan melancarkan program tidak bisa sendiri, tapi harus berkolaborasi. Dengan terus membuat inovasi-inovasi.

Adapun mengenai layanan BKB HI Unggulan bagi keluarga yang memiliki anak usia 0-23 bulan di wilayahnya, sambung ia, terdapat enam layanan yang antara lain terdiri, administrasi kependudukan dan pemilikan layanan kesehatan. Kemudian, pengasuhan/parenting bersama, pemantauan pertumbuhan dan perkembangan anak.

Perwujudan komitmen
Bupati yang diwakili Kabag Tata Pemerintahan Setda Kab.Tasikmalaya, Hj Aneu Rohmawati SIP MM mengaku, pihaknya sangat menyambut launching BKB HI Unggulan di wilayahnya. Ia pun sudah merespons dengan menerbitkan SK pengukuhan BKB HIU Harapan Bunda.

“Saya merasa sangat berbahagia dan bersyukur atas dilaksanakannya launching BKB HI Unggulan. Acara ini bukan saja sebuah langkah. Namun, perwujudan dari komiten kita untuk mengembangkan pendidikan dan kesejahteraan anak-anak kita dari usia dini”, ujarnya dalam teks sambutan yang dibacakan Hj Aneu.

Program ini, tilai bupati, adalah hasil dari kerja keras kolaborasi yang erat antara berbagai pihak, serta visi bersama untuk membangun dasar yang kokoh bagi masa depan generasi kita. “BKBB HIU bukan sebuah program namun satu komitmen dalam menciptakan lingkungan yang mendukung memahami kebutuhan holistik anak-anak kita sejak dini”, ulasnya.

“Kami percaya bahwa pendekatan holisitk akan membantu membentuk dasar yang kuat bagi pertumbuhan yang optimal untuk anak-anak kita”, imbuhnya.

Kegiatan launching BKB HIU, berlangsung serempak. Di wilayah BKKBN Jabar, tercatat 21 kab/kota melangsungkannya di hari yang sama dan ditayangkan daring. Untuk tingkat Jabar, dipusatkan di Kota Banjar, dihadiri Kaper BKKBN Jabar, Fazar S Sentosa, Wali Kota Banjar Hj Ade Uu S, beserta jajaran pejabatnya, dan komunitas organisasi kemasyarakatan. red

0 Komentar