Menteri Pertanahan Serahkan Langsung Sertifikat Tanah pada Sejumlah Warga di Kota Tasikmalaya

Salah seorang dari satu keluarga warga Kota Tasikmalaya, yang mendapat kunjungan langsung Menteri Pertanahan Hadi Tjahjanto, dan menyerahkan sertifikat tanahnya, Rabu (24/1)
Tasikplus.com - Puluhan warga di Kota Tasikmalaya, Jabar, menerima penyerahan sertifikat tanah yang langsung diberikan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional, Hadi Tjahjanto. Mereka penerima bantuan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Penyerahan sertifikat secara simbolik itu menyertai kegiatan kunjungan kerja Menteri Hadi ke Jawa Barat, hingga Tasikmalaya, Rabu (24/1/24), bersamaan selesainya kegiatan PTSL 2023 yang dilaksanakan kantor-kantor pertanahan di Tanah Air.

Kegiatan Menteri Hadi ini rangkaian dimulai ia menghadiri Joy Ride PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero, bersama Menteri Perhubungan. Joy Ride menandai reaktivasi beberapa jalur KAI di sepanjang relasi di Kota Bandung, Kabupaten Garut hingga Kota Tasikmalaya.

Setelah menyapa para penumpang KA, Hadi Tjahjanto melanjutkan kegiatan penyerahan sertifikat tanah hasil program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Kelurahan Sukamulya, Kecamatan Bungursari, Kota Tasikmalaya.

Penyerahan secara simbolik itu berjumlah 40 sertifikat dengan cara menteri yang didampingi beberapa pejabat mengunjungi beberapa rumah warga, door to door lalu pola ngariung (berkumpul, red) bersama warga.

Dari laporan, di Kota Tasikmalaya, progress pendaftaran tanah telah mencapai 80% dengan 268.968 bidang tanah. Kegiatan pendaftaran tanah ini menambah //economy value added Kota Tasikmalaya tahun 2023 sebesar hingga Rp1,89 triliun.

Dari press release yang diterima redaksi, kegiatan ini rutin dilaksanakan untuk memastikan pelaksanaan pelayanan pertanahan berjalan sesuai dengan ketentuan. Diharapkan, proses pendaftaran tanah ini terus bertambah. Sehingga masyarakat mendapat kepastian hukum hak atas tanah.

Turut mendampingi Menteri ATR/Kepala BPN dalam kunjungan kerjanya, Sekretaris Jenderal Kementerian ATR/BPN, Suyus Windayana, Direktur Jenderal Penataan Agraria, Dalu Agung Darmawan.

Kemudian Staf Ahli Menteri Bidang Pengembangan Kawasan, Budi Situmorang, serta Staf Ahli Bidang Partisipasi Masyarakat dan Pemerintah Daerah, Yulia Jaya Nirmawati. Tentunya, Pj Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansya, beserta unsur pimpinan di Kantor Pertanahan Kota Tasikmalaya.red/rls




0 Komentar