Nurhayati: Penanganan Stunting Prasyarat Capai Visi Generasi Emas 2045

Anggota Komisi IX DPR RI Nurhayati Effendi mengatakan, penanganan stunting penting untuk investasi jangka panjang, di kegiatan Penguatan Dukungan Program Percepatan Penurunan Stunting Bersama Mitra Kerja di Kab.Tasikmalaya, Kamis (16/11).
Tasikplus.com - Berbicara di hadapan ratusan warga. Anggota Komisi IX DPR RI Nurhayati Effendi mengatakan, penanganan stunting merupakan investasi jangka panjang bagi sebuah bangsa. Pencegahan stunting menjadi salah satu prasyarat tercapainya visi terwujudnya generasi emas 2045 mendatang.

Pernyataan Anggota Fraksi PPP ini tepatnya saat menjadi narasumber dalam kegiatan Penguatan Dukungan Program Percepatan Penurunan Stunting Bersama Mitra Kerja, di Desa Cidugaleun, Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (16/11).

“Stunting adalah masalah serius yang harus ditangani dengan benar-benar oleh pemerintah. Tentu, dengan dukungan semua pihak. Termasuk kami di Komisi IX maupun mitra kerja lain di masyarakat,” ungkap Nurhayati.

Dia menjelaskan, stunting memiliki dampak negatif cukup kompleks. Bahkan, bisa menurunkan kemampuan kognitif, kegegalan tumbuh, dan peningkatan risiko penyakit tidak menular.

Lebih dari itu, persoalan stunting memiliki dampak berkelanjutan terhadap perekonomian sebagai akibat dari rendahnya produktivitas masyarakat usia kerja. Dampaknya, persoalan stunting ini bisa menghambat kemajuan dan terwujudnya visi Indonesia.

Ia mencatat tentang Indonesia yang kelak memiliki bonus demografi. Ditandai warga berusia produktifnya lebih banyak. Untuk mencapai target itu harus memiliki SDM unggul, ekonomi maju, pembangunan infrastruktur merata, negara demokratis, kuat, dan bersih.

“Saya menekankan agar pemerintah memberikan penanganan serius dan berkelanjutan. Khususnya dalam meningkatkan gizi, pelayanan kesehatan, serta pendidikan gizi kepada masyarakat,” lanjut anggota DPR asal daerah pemilihan Kab-Kota Tasikmalaya, dan Kabupaten Garut ini.

DPR RI, sebutnya, sudah komitmen untuk secara terus-menerus mendukung percepatan penurunan stunting. Saat ini Komisi IX terlibat aktif dan masif dalam sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat di penanganan serta pencegahan stunting.

“Dengan kerja sama dan komitmen semua pihak, maka dapat menjadikan Indonesia bebas stunting dan mencapai visi mewujudkan generasi emas 2045 mendatang”, imbuhnya. gus
 

0 Komentar