Kerja Sama RS Islam & GOW Kota Tasikmalaya, Gelar Seminar Angkat Topik Kanker Serviks

dr Adhitya Yudha Maulana Sp.OG,MH
Tasikplus.com - Kerja sama Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Tasikmalaya dengan Rumah Sakit (RS) Islam Hj Siti Muniroh Tasikmalaya, akhirnya melangsungkan satu seminar kesehatan, Selasa (28/11). Diikuti puluhan peserta. Seminar bertempat di Gedung Galih Pawestri Tasikmalaya.

Mengangkat isu bahasan penyakit menular yang rentan bagi kaum perempuan, kanker serviks. Menjadi narasumber dalam seminar sehari itu, dokter spesialis Obgyn di RS Islam Hj Siti Muniroh Tasikmalaya, dr Adhitya Yudha Maulana Sp.OG,MH

Setelah dibuka dan memasuki sesi bahasan, terlihat serius para peserta mengikuti paparan pembicara. Ada sekitar 70 orang peserta seminar yang terdiri anggota GOW. Pemateri kemudian di antaranya cukup mengingatkan kerentanan dengan penyakit ini pada wanita.

Namun, dr Adhitya juga meyakinkan kalau kanker serviks dapat tercegah dengan upaya-upaya yang bisa dilakukan. Tak kalah menyentak dengan pernyataan akan kanker ini dalam catatan fakta, banyak menimbulkan kematian penderitanya termasuk di Indonesia.

Di dunia setiap dua menit seorang perempuan meninggal akibat kanker serviks. Di Indonesia setiap satu jam satu perempuan meninggal karena kanker serviks. Penyakit ini merupakan salah satu penyebab utama kematian akibat kanker ginekologi di seluruh dunia.

Poin lainnya dari paparan dr Adhitya, penyebab kanker serviks adalah HPV. Faktor risiko, semua perempuan berisiko. Bagaimana gejalanya? Di tahap awal justru tak bergejala. Deteksi dini pada IVA.

Beberapa hal yang jadi pemicu kanker serviks, menikah muda kurang dari usia 20 tahun, mitra seksual multipel, infeksi menular seksual, melahirkan hingga banyak anak, merokok, defisiensi vit A, vit C, vit E.

Pada beberapa hal yang menjadi penasaran ibu-ibu dalam acara hingga meluasnya bahasan, bersambung dalam dialog pada sesi tanya-jawab yang berlangsung interaktif antara pemateri dan peserta. gus

0 Komentar