Ratusan Ekor Benih Ikan Patin Disebar Dinas Kelautan Perikanan

DKP Jabar menebar benih ikan patin di perairan umum. Untuk situ-situ dan embung, dalam kantong-kentong yang kemudian dibuka, penanaman Rabu lalu, disebar 200 ekor benih.

Tasikplus, 13 Oktober 2022                                                                                                   Menebar ratusan ekor jenis ikan patin. Program Penebaran Ikan di Perairan Umum Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jabar, Rabu (12/10), dikonsentrasikan di Situ Cibeureum, Kec.Tamansari, Kota Tasikmalaya.


Dalam kemas kantong-kantong plastik, benih-benih ikan dari situ itu kemudian disebar pada tiga situ dan satu embung lainnya. Seluruh situ/embung yang disebari ikan ini dalam wilayah Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Ciwulan-Cilaki Dinas SDA Jabar.

Melakukan penanaman ikan secara simbolik oleh Kepala Cabang Dinas Wilayah Utara DKP Jabar, Ronal. Hadir dan turut melakukan penanaman, Kepala UPTD Ciwulan-Cilaki, Elvan Robiyana beserta jajaran.

Menurut Ronal, kegiatan penanaman ikan sebagai langkah konservasi atau pelestarian ikan jenis itu. Jumlahnya pada penanaman kali ini 200 ekor benih. Tebar benih ikan untuk meningkatkan stok atau populasi di perairan situ serta meningkatkan keanekaragaman sumber daya ikan.

Elvan mengaku, mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan penanaman ikan di situ-situ dan embung dalam wilayah kerjanya. Harapannya, kegiatan ini dapat turut direspons masyarakat dalam menjaganya hingga proses pembesaran ikan.

Kepedulian lainnya, harap Elvan, menjaga kebersihan perairan situ. Ini program gubernur Jabar, dengan maksud dapat menjadi embrio perekonomian masyarakat di sekitar situ. Kegiatan penanaman ikan serupa itu sudah dilakukan untuk ke sekian kali. red
 

0 Komentar