Gelar Workshop, KCD Pendidikan XII Sosialisasikan Pergub Komite Sekolah pada Pengurus Komite dan Yayasan

Sejumlah 305 peserta asal pengurus komite dan yayasan penaung sekolah, mengikuti workshop membahas Pergub Komite Sekolah yang digelar KCD Pendidikan XII
Tasikplus, 16 September 2022
Kantor Cabang Dinas Pendidikan (KCD) Wilayah XII Dinas Pendidikan Jabar, mengundang para ketua komite sekolah dan pengurus yayasan. Menghadiri kegiatan workshop bertajuk Manajemen dan Tata Kelola Sekolah di Lingkungan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XII.


Cukup jadi bahasan dalam workshop hari Jumat (16/9) itu, pemaparan atau sosialisasi terbitnya Peraturan Gubernur (Pergub) Jabar yang baru tentang Komite Sekolah. Berlangsung di Grand Metro Hotel Kota Tasikmaya, diikuti 305 peserta.

Kepala KCD Pendidikan XII, Abur Mustikawanto, di sela acara mengemukakan, pihaknya menginisiasi pertemuan itu setelah dirasanya urgen pergub ini difahami kalangan pengurus komite berikut pengurus yayasan penaung sekolah swasta. KCD Pendidikan membina jenjang SMA/SMK dan SLB.

Yang paling signifikan menyebut Pergub Komite Sekolah ini berisi rujukan tentang fasilitasi dukungan masyarakat atau orangtua siswa pada kegiatan sekolah untuk memacu mutu pendidikan. Ketika ada program sekolah yang kemudian memerlukan sokongan anggaran dari orangtua siswa, bagaimana kemudian komite merembukkan serta mendukung itu.

Yang tak kalah diingatkan Abur, sumbangan dari masyarakat bersifat sukarela. Tidak dalam bentuk paksaan nilainya. Bisa dengan konsep rereongan atau kalau ada mereka yang the have ingin menutupi kebutuhan anggaran kegiatan sekolah, ini juga yang diharapkan.

Sempat jadi catatan Abur, posisi para pengurus komite perwakilan orangtua di sekolah sangat berperan penting dalam keinginan atau program memajukan sekolah, memacu prestasi belajar anak. “Saya sangat harap peran itu sebagaimana saya berobsesi di Tasik ini dapat mencerdaskan para siswa,” akunya.

Workshop menghadirkan dua narasumber. Menurut Abur, pihaknya undang pemateri asal konsultan peningkatan mutu pendidikan, dewan pendidikan sekolah Jabar, serta berback round anggota tim pembuat draf pergub.

“Sosok narasumber ini kan sangat mumpuni dan cukup pengalaman. Maka kita undang mereka ke sini,” imbuhnya. KCD Pendidikan XI tampaknya menjadi yang pertama di lingkup Disdik Jabar gelar workshop membahas pergub terbitan Agustus lalu itu. gus
 

0 Komentar