Wali Kota Tasik: Kita Cukup Diuntungkan

 

Salah satu spot di area Situ Gede yang bakal mendapat penataan program pembangunan revitalisasi

Menyuguhkan panorama alam yang terasa masih alami. Area sekitar Situ Gede, menjadi lokasi wisata pilihan warga Tasikmalaya dan daerah di sekitarnya. Mengawal kelestarian struktur lingkungannya, Pemprov Jabar siap melakukan revitalisasi area danau ini.

Proyeksi kegiatan revitalisasi beranggaran Rp 40 miliar itu, dicanangkan saat berlangsungnya peringatan Hari Air Dunia Ke-30/2022, tingkat Pemprov Jabar. Dipusatkan di lokasi Situ Gede Kota Tasikmalaya, Selasa (22/3). Siap dilancarkan pada tahun 2022 ini.

Menanggapi adanya perhatian itu, Wali Kota Tasikmalaya HM Yusuf, menyatakan pihaknya cukup merasa diuntungkan. “Iya kita cukup diuntungkan. Situ Gede sampai saat ini masih perlu penataan dan belum tertata dengan rapih,” jawabnya saat ditanya Tasikplus.com.

Kota Tasik tak memiliki daerah tujuan wisata unggulan. Kawasan Situ Gede ini kemudian jadi tempat rekreasi masyarakat yang cukup jadi pilihan. Pengunjungnya tak saja warga Kota Tasik, tapi asal tetangga daerah seperti dari Kab.Tasik, Ciamis, Kota Banjar.

Area Situ Gede ini aset/lahannya milik pemprov. Namun masih di area sekitarnya ada lahan dalam wilayah Kota Tasikmalaya. Kemudian pengelolaan kepariwisataan dalam kawasan situ ini jadi garapan pemkot Tasikmalaya. Retribusi pariwisatanya masuk ke Kota Tasik.

“Saya berharap suguhan kepariwisataan area Situ Gede ini ke depan jadi ikonnya Kota Tasik,” kata HM Yusuf seraya menambahkan, adanya program revitalisasi sebagai perhatian gubernur.

“Pak RK (Gubernur Ridwan Kamil) dulu sempat berbincang dan nanya pada saya seputar keberadaan situ ini. Saya jawab, benar. Kemudian pak gubernur menyampaikan kepeduliannya, siap membantu program revitalisasi Situ Gede,” sambung Yusuf. red
 

0 Komentar