Mahasiswa Baru Unsil Ikuti Ombus Virtual

 

Mengawali kegiatan kampusnya. Mahasiswa baru Unsil angkatan tahun akademik 2021/2022, mengikuti sesi pengenalan lingkungan kampus. Kegiatan tersebut akrab disebut warga kampus ini, Orientasi Mahasiswa Baru Universitas Siliwangi (Ombus).

Pada Ombus 2021 saat ini, diikuti 3.114 mahasiswa baru asal seluruh fakultas yang ada di Unsil. Rektor Prof H Rudi Priyadi, menandai pembukaan acara dengan satu seremoni yang digelar di gedung Mandala Unsil. Pelaksanaan Ombus dimotori BEM Unsil.

Di pembukaan acara, hanya dihadiri dua orang perwakilan mahasiswa baru beserta unsur pimpinan kampus dalam jumlah terbatas. Selebihnya kegiatan Ombus digelar virtual, dengan paparan materi ke materi lain oleh narasumber disampaikan daring.

Seperti dikemukakan Yadi Mulyadi, seorang panitia Ombus yang juga kepala Sub Koordinator Mahasiswa BAKPK Rektorat Unsil, seluruh mahasiswa baru peserta Ombus mengikuti kegiatan //online// dari rumah masing-masing atau di luar kampus.

Pola ini dipilih untuk menyesuaikan dengan situasi pandemi Covid-19. Menghindari kerumun massa. Sehubungan situasi pula, sebut Yadi, ada beberapa materi pembinaan bersifat fisik, dilewatkan. Ombus berlangsung sejak Selasa hingga Sabtu (10-14/7), minus hari Rabu. 

Kesertaan Ombus dipersyaratkan untuk diikuti setiap mahasiswa baru di Unsil. Kegiatan yang diorientasikan mengakrabkan mahasiswa baru dengan lingkungan kampus, program akademik, organisasi kemahasiswa, dan yang lainnya.

Masih menurut Yadi, di antara materi yang disampaikan, diawali tentang selayang pandang kampus Unsil oleh rektor, kemudian dengan pelibatan narasumber lainnya tentang keuangan dan pelayanan kampus.

Ada lagi beberapa topik terdiri “Mahasiswa sebagai Agen Prestasi Kampus, Kebijakan Anti-Plagiarime di Perguruan Tinggi, Strategi Perguruan Tinggi Mewujudkan Entrepreneur Kampus, Wawasan Kebangsaan dan Critical Thinking, Pembinaan dan Pengembangan Diri Bangsa”. gus