Mahasiswa Sendratasik Kembali Helat Festival Serambi-V

 

Puluhan anak yatim asal satu yayasan, jadi salah satu sasaran peduli berbagi mahasiswa Sendratasik yang menghelat even Festival Serambi-V/2021

Di perjalanan pengujung Ramadan mendekati Idul Fitri 1442 H, sekalangan mahasiswa asal prodi Sendratasik (Seni Drama Tari dan Musik) Umtas, menghelat acara baksos. Kegiatannya dikonsentrasikan di HZ Foodsta, Jl. HZ Mustofa, Kota Tasikmalaya, Sabtu (9/5). Mereka labeli kegiatan, Festival Serambi (Sendratasik Ramadan Berbagi Peduli)-V Tahun 2021.

Tampak kompak, serempak, mereka mengawal acara. Di area kafe yang lapang itu, kemudian tergelar empat ajang yang sudah diagenda. Melibatkan peserta eksternal atau umum, yakni memberi santunan pada anak-anak yatim, lomba nyanyi solo religi, nasyid, dan lomba membuat kaligrafi.

Sejak pagi para peserta even berdatangan. Seperti dilaporkan pada acara, untuk pemberian santunan dialokasikan pada sekitar 25 anak yatim dari satu yayasan. Sedangkan pada tiga lomba yang rata-rata diikuti puluhan peserta se-Priatim, diproyeksikan bagi kalangan muda berusia 15 – 25 tahun.

“Kita isi Ramadan dengan kegiatan bermanfaat. Melibatkan mereka dengan kepesertaan umum. Semoga menambah khidmat ibadah puasa kita dalam spirit untuk berbagi dan peduli,” ujar Ketua Purnawa Sendratasik Umtas, Rega Andrea Mahendra, di tempat acara, didampingi ketua pelaksana, Ipan Muttaqin, dan seorang panitia, Rizvi Ayazi.

Motivasi acara, seperti Rega singgung, merefleksikan kegiatan peduli sosial, mengisi gema Ramadan. Kepada anak-anak yatim diberikan peralatan sekolah dan uang jajan. Selebihnya dengan tiga rangkaian lomba antara lain dimaksudkan memasilitasi mereka yang memiliki minat bakat, pembinaan, sekaligus uji kemampuan.

Yang tak dielak Rega dan Ipan, penyelenggaraan even sebagaimana pelaksanaan kegiatan yang sudah rutin gelar di lingkungan hima (himpunan mahasiswa)nya, di Sendratasik Umtas, dan kini merupakan tahun kelima. Adapun beragam kebutuhan sarana hingga anggaran, hasil patungan mereka, donasi, plus mengamen beberapa hari sebelumnya.

Terselenggaranya kegiatan, sempat mereka cukup syukuri. Pasalnya sempat dihadapkan kegamangan seiring masih berlangsungnya pandemi Covid-19. Opsi gelar hingga pada wacana daring. Namun kemudian, kekhawatiran serta tantangan itu dapat dilewati, sampai mendapat izin dari Satgas Covid. Berbagai hal yang mesti dipersiapkan, dapat terpenuhi. gus