Awas, Sepeda Sport Jadi Bidikan Pelaku Pencurian

 

Hobi bersepeda dalam aktivitas berolahraga saat ini tengah digandrungi masyarakat. Rombongan pesepeda tak lagi kaum pria melainkan kelompok ibu-ibu pun ramai. Terlebih saat memasuki hari-hari libur atau week end. Mengayuh sepeda, menggerakkan tubuh, mengeluarkan keringat, jadi pemandangan arab terlihat.

Seiring ramainya warga bersepeda, diiringi harga jual sepeda ini yang ternyata hingga puluhan juta, tak ayal jadi bidikan aksi pelaku kejahatan, pencuri, untuk mengembatnya, sehingga masyarakat patut berhati-hati. Pelaku ini biasanya memanfaatkan kelengahan di rumah-rumah yang ada sepedanya.

Halnya yang sempat jadi perhatian beritanya di Kota Tasikmalaya, seorang pemuda mengembat sepeda berharga anyar hingga Rp 65 juta dari satu kompleks perumahan. Namun ulahnya ketahuan, sampai jadi kejaran aparat kepolisian, dan ketangkap di satu hotel.

Tersangka pencuri sepeda jenis gunung (mountain bike/MTB) beraksi siang hari, di kompleks perumahan di wilayah Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, tepatnya pada Senin (1/3/21). Berinisial RA (25), yang ternyata berstatus mahasiswa, asal Rancaekek, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Aksi RA terekam CCTV kompleks perumahan. Pemiliknya yang mengetahui tak lama kehilangan, berusaha mencari. Ada saksi yang kebetulan sempat menyebutkan pelaku membawa sepeda menuju arah satu hotel. Polisi yang mendapat laporan mempelajari rekaman CCTV, kemudian melanjutkan pengejaran ke hotel yang tak begitu jauh dari kompleks perumahan.

"Awal kejadiannya setelah mendapat laporan masyarakat, sekira jam 10.00 WIB, anggota kita mendatangi TKP, melakukan olah TKP, memeriksa saksi-saksi di TKP, seterusnya menuju satu hotel dan ternyata sasaran pelaku masih di hotel itu, dengan barang bukti sepeda yang masih dalam penguasaan," terang Kapolsek Mangkubumi, Polresta Tasikmaya, Iptu Endang Wijaya.

Saat berisitirahat atau menginap sejenak pelaku ini masih dengan sepedanya, akhirnya petugas menggelandang pelaku berikut barang bukti. Dari keterangan didapat, ia mengambil sepeda saat diparkir di teras rumah. Pemilknya menyebutkan bahwa sepeda itu ia beli baru seharga Rp 65 juta.

Sekitar sepekan sebelumnya, aksi pelaku embat sepeda sport serupa terjadi di kompleks perumahan Kirana Renecy, di wilayah Kec.Tamansari, Kota Tasikmalaya. Dari rekaman CCTV, pelaku menaiki benteng cukup tinggi menggunakan tangga, terus membawa dua unit sepeda, seharga Rp 40 jutaan.

Pemilik sepeda melaporkan kejadian ke Polsek Tamansari. Dari rekaman CCTV yang sampai ke masyarakat sekitar, pelaku memasuki perumahan itu sekitar Pukul 02.00 dini, persis saat scurity perumahan masuk pos, dan ketiduran. red