SMKN SPP Tasikmalaya Canangkan Gerakan “Ambil”

 

Sebelum memulai pelaksanaan Gerakan Ambil, warga SMKN SPP Tasikmalaya, berkumpul di halaman sekolah, mengikuti satu seremoni sederhana pembukaan

Situasi pembelajaran sekolah belum kunjung normal pasca-dampak pandemi Covid-19. Para peserta didik diarahkan belajar jarak jauh berbulan ini. Warga Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) Sekolah Pertanian Pembangunan (SPP) Tasikmalaya, menggagas momentum kegiatan yang sepertinya untuk menghidupkan iklim sekolah dan spirit.

Yang tertangkap, gagasan kegiatan itu pun untuk memupuk kepedulian, semangat inisiatif, dan produktif. Setidaknya tertuju dalam menjaga lingkungan sekolah yang terawat, nyaman, asri. Mereka mencanangkan Gerakan Ambil, kependekatan dari kata aman, bersih, indah, lestari. Memulai gerakan itu, ditandai satu seremoni sederhana, Senin pekan kemarin.

Dimotori Kepala Sekolah, H Endang ZM. Dihadiri para guru, tenaga kependidikan, serta siswa sekolah SMKN SPP Tasikmalaya. H Endang, di sela acara menerangkan, gerakan ini juga sebagai bagian dari ikhtiar meraih visi sekolah yakni, “Menjadi sekolah pavorit berdasar nilai-nilai kebenaran dan kebaikan”.

“Nah, untuk menjadi sekolah favorit itu sebelum orang lain senang, ya harus kita dulu yang senang. Merasa nyaman di sini. Guna mendukung pemikiran itu, kita gagas gerakan ini,” ucapnya kepada Tasikplus, Senin (25/1). Sepintas dengan akronim itu, semangat gerakan untuk menjadikan sekolah yang dalam kondisi aman, bersih, indah dan lestari.

Harapan itu tercipta dari warga sekolah yang selalu peduli, penuh inisiasi dalam ragam aspek, dan produktif atau penh gerak. “Jika ada hal yang tak membuat iklim sekolah tak aman, ya kita ambil langkah. Kita ambil sikap jika melihat sampah. Kita selalu bergerak untuk membuat indah dan kondisi baik lingkungan di sekitar kita,” sebut kepala sekolah.

Atmosfer lainnya, imbuh Endang, ingin menggerakkan semua. Dirinya yakin, kalau aman bersih indah, siapapun akan seneng, datang ke sekolah. Obsesi dirinya lagi, cukup lama sekolah terabaikan dari pandangan banyak orang. Sejak sekarang ia dan jajaran penuh tekad untuk menggaungkan sekolah pertanian yang kelak menjadi pilihan masyarakat.

Sekolah beralamat di wilayah Kelurahan Mulyasari, Kec.Tamansari, Kota Tasikmalaya, saat ini membuka bidang kejuruan ATPH, Tata Boga, Tata Busana, Desain Grafika, Manajemen Logistik, Usaha Perjalanan Wisata.gus