Kepala BKKBN Ingatkan soal Perampingan Struktur Lembaga

 

Hasto Wardoyo

Ratusan pejabat fungsional di lingkup BKKBN mengikuti prosesi pelantikan pada Senin lalu. Dalam pelantikan yang berlangsung secara virtual itu, Kepala BKKBN RI Hasto Wardoyo mengingatkan soal tekad pemerintah yang ingin terus merampingkan struktur kelembagaan BKKBN.

Mereka yang dilantik sekaligus diambil sumpahnya tercatat ada 691 orang. Terdiri unsur fungsional asal seluruh kantor perwakilan BKKBN tingkat provinsi se-Indonesia. Yang dari kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat, sejumlah 16 orang. Terdiri pejabat fungsional asal Penata Kependudukan dan Keluarga Berencana, Widyaiswara, serta Arsiparis.

Turut menjadi saksi acara pelantikan, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat, Drs H Kusmana, didampingi sekretaris. Mereka yang dilantik dalam posisi berada di ruangan lingkungan kantornya. Hasto melantik dalam jaringan (daring) gawai dari kantor pusat BKKBN di Jakarta, tepatnya Senin (28/12).

Sambil menyebut sedari awal pemerintah sudah dengan kebijakannya untuk merampingkan struktur, mengurangi rantai birokrasi, menurut Hasto, penyederhanaan birokrasi dalam institusinya pun terus berlangsung. Semangatnya, ini merupakan investasi untuk mendongkrak lapangan kerja yang harus diprioritaskan. Memotong alur prosedur pelayanan.

“Saya mengingatkan kembali kepada semua yang dilantik apa yang pernah disampaikan Presiden Jokowi bahwa penyederhanaan birokrasi harus terus dilakukan. Ini merupakan salah satu investasi. Prosedur yang panjang harus dipotong. Birokrasi yang panjang harus kita pangkas, dan eselonisasi harus disederhanakan,” ujarnya. rls-bkkbn.