Unper Tasikmalaya Lepas 325 Lulusan

 

Sidang Terbuka Senat Unper, menandai pelepasan lulusan Unper dalam Wisuda Tahun Akademik 2019/2020

Kampus Universitas Perjuangan (Unper) Tasikmalaya, kembali melepas lulusannya. Kali ini merupakan wisuda ke-2 bagi Unper dengan jumlah 325 wisudawan. Prosesi pelantikan berlangsung, Sabtu (17/10) di aula gedung baru kampus dengan cara daring (dalam jaringan).

Mahasiswa lulusan yang berada di lokasi wisuda menghadiri sidang terbuka senat Unper, hanya perwakilannya. Selebihnya, wisudawan mengikuti prosesi wisuda jarak jauh, dari rumah masing-masing. Pun selain pimpinan senat yang hadir, terdiri tim teknis IT daring.

Seperti dikemukakan Rektor Unper, Prof H Yus Darusman, untuk pelantikan wisudawan lulusan akademik 2019/2020 ini, akhirnya dipilih secara virtual. Opsi yang harus dilakukan mengacu kepada protokol kesehatan untuk menghindari kerumunan di masa pandemi Covid-19.

Pesan rektor kepada para lulusan kampusnya, harus menjadi sarjana yang profesional, kompetitif, mandiri. Profesional yang dimaksudnya, mereka tak mudah terbawa situasi yang tak relevan dengan peran atau kemampuan yang bisa ditunjukkan. Seperti terlarut kepentingan politik praktis yang tak jelas.

Mandiri dan kompetitif, berarti dia menunjukkan sikap hingga capaian karya penuh inovasi, kreativitas di bidangnya. “Saat ini ada gejala turbulensi sosial. Ajakan beraksi dengan motif fragmatisme, agar dihindari. Yang saya minta tak mudah terpengaruh,” ujar rektor.

Sejak berdiri tahun 2014, sambung rektor, pihak kampusnya terus berusaha menunjukkan kinerja lembaga penuh tumbuh-kembang. Selain sarana prasarana yang terus ditingkatkan, hingga sekarang diikuti capaian prestasi yang dirasa tambah mewangikan kampus.

Ia sebut beberapa even lomba hingga tingkat nasional di antaranya diikuti warga kampusnya. Sebagian ada yang menorehkan prestasi sampai tingkat nasional. Bersamaan itu, animo masyarakat berstudi di Unper terus meningkat tiap tahunnya.

“Tapi ya, mungkin dialami sama memasuki situasi pandemi Covid-19 tahun ini, tren angka penerimaan mahasiswa baru persisnya di tahun angkatan 2020 ini ada penurunan 7%. Kalau di kita seangka itu, pada umumnya kampus lain saat ini mengalami penurunan angka masuk rata-rata 30%,” tambah Prof Yus. 

Sejumlah 325 lulusan yang dilantik tahun ini, asal seluruh prodi di Unper terdiri, PGSD, prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Ekonomi Manajemen, Akuntansi, Farmasi, Teknik Informatika, Teknik Sipil, Agroteknologi, Agribisnis, dan prodi Peternakan. red