Lingga Nugraha Pimpin Wira Karya Indonesia Jabar

 

Lingga Nugraha

Kepengurusan Dewan Pimpinan Daerah (Depidar) Wira Karya Indonesia (WKI) Jawa Barat (Jabar), kini dengan ketua baru. Lingga Nugraha, resmi terpilih secara aklamasi, menakhoda Depidar WKI Jabar, masa bakti 2020-2025. Keterpilihan padanya dalam Musyawarah Daerah V Depidar WKI Jabar, di aula DPD Partai Golkar Jabar, Kamis (22/10).

Keterpilihan advokat muda dan kuasa hukum pengadilan pajak dalam musda sederhana itu, terbilang menarik. Ia sebelumnya, sekretaris Depidar WKI Jabar, yang mendampingi Wawan Dewanta sebagai ketua. Semula rapat pimpinan Depidar WKI itu hanya mengagendakan penyusunan rekomendasi terkait situasi terkini keorganisasian dan dinamika politik Jawa Barat.

Namun, atas masukan dari para ketua dan sekretaris dewan pimpinan cabang (Depicab) WKI kabupaten dan kota, agenda rapat kemudian ditingkatkan menjadi musyawarah daerah hingga menghasilkan nakhoda baru WKI untuk lima tahun ke depan. Sosok energik itu tak kalah dikenal juga dengan profesinya sebagai kurator selain kuasa hukum pengadilan pajak bidang perpajakan dan kepabeanan.

“Ada tiga pertimbangan yang menjadikan rapim ini ditingkatkan menjadi musda. Pertama, masa bakti kepengurusan Depidar WKI Jawa Barat, sudah habis per Maret lalu. Kedua, peserta rapat menghendaki adanya peningkatan status rapim menjadi musda. Dengan melihat peserta yang hadir, 15 dari 19 Depicab yang terdaftar di Depidar, maka rapat menyepakati sudah kuorum untuk musda,” beber Wawan Dewanta, ketua Depidar WKI Jawa Barat, masa bakti 2015-2020.

Kemudian perimbangan lainnya juga, dengan kondisi pandemi Covid-19 yang menuntut adanya efisiensi waktu. Karena itu, forum sepakat melakukan percepatan musda. Musyawarah daerah ini dipimpin presidium sidang dari unsur Depicab,” terang.

Saat memberi sambutan setelah ditetapkan sebagai ketua terpilih, Lingga berjanji segera menjalankan amanat rapim untuk menyusun kepengurusan lengkap dan menyelenggarakan rapat kerja, selambatnya dalam enam bulan ke depan. Salah satu agenda prioritas yang diusung adalah menyelenggarakan pendidikan dan latihan kepemimpinan kader bangsa.

“Wira Karya Indonesia ini merupakan kawah candradimuka kader bangsa. Saya akan terus berusaha menjadikan organisasi kepemudaan ini sebagai ruang menempa calon-calon pemimpin, baik bidang politik sebagai kader wiratama, bidang pemerintahan sebagai kader wirapraja, maupun bidang usaha sebagai kader wirausaha,” terang Lingga.

Ia pun sempat menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan. Terkhusus ia kemukakan pada sosok Wawan Dewanta, yang dirasanya telah menjadi pembimbing selama lima tahun mendampingi. Selebihnya ia mengajak seluruh kader Wira Karya terus mengonsolidasikan kekuatan. red/rls