Hasil "Swab Test", Pasien Positif Covid-19 Kota Tasik Bertambah lagi Puluhan Orang

Kembali dilaporkan bertambah. Jumlah warga terpapar positif Covid-19, di Kota Tasikmalaya. Informasinya, pada Selasa (6/10), hingga sebanyak 31 orang, berdasar hasil tes swab.
Puluhan orang terkonfirmasi positif ini terbanyak asal kalangan/klaster pesantten, menyusul beberapa orang santri sebelumnya yang terpapar. Jumlah keseluruhan dengan yang sebelumnya menjadi 110 orang.
Sampai sekarang tim gugus tugas melalui Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, masih terus melakukan tracing dan proses tes swab bagi ratusan kontak erat dari total jumlah santri positif tersebut. 
"Hari ini nambah lagi positif sesuai hasil swab sebanyak 31 orang. Paling banyak masih dari klaster pesantren yang berjumlah 22 orang hari ini, sisanya pelaku perjalanan dan hasil tracing klaster lainnya. Total dari klaster pesantren seluruhnya tercatat 110 orang yang positif," jelas Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Uus Supangat, kepada wartawan, Selasa siang. 
Uus menambahkan, proses tracing klaster pesantren yang didapatkan sampai hari ini berjumlah 125 orang dan langsung dites swab guna memastikan kondisi para kontak erat tersebut. 
Pihaknya pun berharap hasilnya nanti tak sampai merebak, karena telah minimnya lokasi penampungan isolasi untuk merawat para pasien positif tersebut. 
"Sampai hari ini Rusunawa dan RSUD Soekardjo Tasikmalaya ruang isolasinya telah penuh. Kita sekarang sedang memproses penjemputan bagi pasien positif yang bergejala berat akan diisolasi ke RSUD, kalau yang ringan kita mungkin akan isolasi mandiri dulu di pesantren. Soalnya ruangan isolasi sudah penuh dan sedang mencari tempat lain," tambah Uus. 
Sejak ditemukannya klaster pesantren di Kota Tasikmalaya itu, tim gugus tugas sudah mengkarantina wilayah dan membatasi keluar masuk warga ke dekat lokasi pesantren. 
Khusus bagi pasien positif tak bergejala yang dikarantina di pesantren, tim tenaga kesehatan akan terus memantau dan mengawasi saat proses isolasi mandiri. 
Sampai hari ini Selasa (6/10/2020), tercatat pasien positif Covid-19 di Kota Tasikmalaya yang dirawat sebanyak 179 orang. Dari angka itu, 9 orang di antaranya meninggal dunia. red