811 Mahasiswa Baru Unper Tasikmalaya Dilantik

 

Rektor Unper melakukan pengenaan jaket almamater, menandai pelantikan mahasiswa baru

Sebagai rangkaian kegiatan (PMB) penerimaan mahasiswa baru, kegiatan di kampus Universitas Perjuangan (Unper) Tasikmalaya, Rabu pekan kemarin, berlangsung pelantikan mahasiswa baru Unper angkatan tahun akademik 2020/2021. Seremoni pelantikan digelar di aula gedung baru kampus. Dihadiri sebagian perwakilan mahasiswa dengan pola daring (dalam jaringan).

Tampak menghadiri acara itu, selain rektor berikut jajaran wakil rektor, para dekan, pengurus ormawa, tampak juga unsur pimpinan Yayasan Universitas Siliwangi (YUS), lembaga yang menaungi Unper Tasikmalaya. Beberapa perwakilan mahasiswa yang dilantik, asal tiap prodi. Selebihnya mengikuti online atau berpola video conference dari rumah masing-masing.

Seperti biasanya, pelantikan mahasiswa dengan satu sidang senat terbuka. Rektor Unper Tasikmalaya Prof H Yus Darusman yang melakukan pelantikan, dalam sambutannya menyebutkan, jumlah mahasiswa yang diterima Unper tahun ini sebanyak 811 orang. Mereka mendaftar umumnya secara online.

Kalau biasanya tren PMB sejak Unper berdiri tahun 2014 meningkat, di angka rata-rata tak kurang 17% per tahun, tahun ini agak menurun dalam kisaran 12%. Kondisi ini sangat dipahami, berkaitan dengan pandemi Covid-19, yang memengaruhi banyak sektor kehidupan. Tentunya aspek ekonomi di masyarakat. Tren menurun peserta didik, dialami umumnya lembaga pendidikan.

Rektor meyakinkan, bagi mahasiswa barunya sudah tepat memilih Unper. Dengan kampus yang bervisi dan berorientasi jelas untuk menghasilkan lulusan unggul. Mahasiswa, dipahaminya, adalah generasi penerus perjuangan bangsa. Setiap generasi harus mewariskan hasil yang terbaik kepada generasi berikutnya.

“Kami, dosen, karyawan, pimpinan, dan mahasiswa senior, bertekad untuk mengestafetkan warisan kebaikan kepada generasi penerus, termasuk mahasiswa baru,” sebut rektor di pagi Rabu (7/10) itu, seraya menambahkan, kampusnya senantiasa menjunjung tinggi kualitas pendidik, layanan, kurikulum, proses pendidikan, hingga hasil belajarnya.

Di kesempatan sama, anggota pembina YUS, Asep Hidayat SH MH, mengawali sambutan dengan mengucapkan, terima kepada masyarakat yang terus memberi kepercayaan kepada lembaga pendidikan di bawah YUS. Sekaitan kepercayaan ini, aku dia lagi, pihaknya bertekad terus melakukan langkah-langkah untuk dapat mendukung terselenggaranya pendidikan yang lebih baik.

Baik rektor maupun pembina yayasan, memberi ucapan selamat bergabung kepada mahasiswa baru. Pada satu sesi pelantikan ditandai pengenaan jaket almamater secara simbolik untuk mereka yang ada di kampus, dan disarankan diikuti mereka yang di rumah. Bersamaan pelantikan itu, diteruskan juga seremoni yang menandai pembukaan PKKMB (pengenelan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru) 2020. gus