Himbauan Disdik Provinsi Jabar Kepada Para Kepala Sekolah Menghadapi Virus Corona








Dinas Pendidikan Jawa Barat mengimbau seluruh kepala sekolah di Jabar untuk melakukan Gerakan masyarakat hidup sehat (Germas). Imbauan tersebut untuk mencegah penularan virus corona yang sudah terdeteksi di Jawa Barat.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Dewi Sartika kepada para kepala sekolah se-Jawa Barat.

Sudah disampaikan lewat WA grup dengan para kepala sekolah," kata Dewi saat dihubungi Selasa (3/3/2020) seperti yang dikutif regional.kompas.com

Selain imbauan, Disdik Jabar juga menyebarkan surat ajakan Germas itu kepada seluruh sekolah di Jabar. Dalam surat tersebut, Disdik Jabar mengimbau agar sekolah tetap tenang, namun tetap siaga dan menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar seperti biasa.

"Mengimbau seluruh guru dan tenaga kependidikan serta peserta didik untuk melaksanakan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas)," kata Dewi dalam surat yang dikirimkan kepada semua sekolah.

Adapun, Germas mencakup makan dengan gizi seimbang, rajin olahraga dan istirahat cukup. Kemudian, menjaga lingkungan sekitar, mencuci tangan menggunakan sabun, menggunakan masker atau menutup mulut apabila batuk.

Selain itu, minum air mineral 8 gelas per hari, makan makanan yang dimasak sempurna dan berobat apabila demam dan sesak napas.

"Mengoptimalkan peran usaha kesehatan sekolah/madrasah (UKS/M) pada setiap satuan pendidikan untuk mengedukasi seluruh GTK dan peserta didik melaksanakan imbauan Germas tersebut dalam upaya pencegahan penyebaran virus corona," kata Dewi.

Ia pun mengimbau kepada seluruh kepala sekolah untuk berkolaborasi dengan perangkat daerah dan instansi terkait dalam upaya pencegahan penyebaran virus corona.* sit