DPRD Jabar Ingatkan Pemprov Mewaspadai Potensi Penyebaran Virus Corona di Destinasi Wisata


Anggota DPRD Jawa Barat Johan J Anwari mengingatkan  Pemprov Jawa Barat  harus  mewaspadai potensi penyebaran virus Corona di destinasi wisata yang kerap dikunjungi wisatawan asing, seperti  Pantai Pangandaran.

"Setelah ditetapkan Jawa Barat siaga satu Corona, saya melihat sudah ada langkah-langkah strategis yang dilakukan Pemprov Jabar. Namun saya mengingatkan agar kawasan wisata yang rawan atau boleh dibilang kawasan terbuka, seperti Pangandaran mendapatkan perhatian khusus," kata Johan, Selasa (4/3/2020). seperti yang dikutip news.detik.com

Langkah antisipasi menurut Johan,   ini bisa dilakukan dengan  pemeriksaan pengunjung yang datang dari negara dan berpotensi sudah terjangkit Corona.

"Kejadian Depok harus menjadi cermin, agar kita selalu waspada," kata Johan.

Langkah konkret bisa dilakukan dengan memasang alat pemantau suhu tubuh di gerbang masuk wisata, sehingga potensi penyebaran bisa ditekan.

"Saya belum tahu, kita punya tidak alat pemantau suhu tubuh. Saya kira itu penting diupayakan, untuk mencegah hal yang tidak kita inginkan. Tingkat kunjungan wisatawan mancanegara ke Pangandaran kan lumayan banyak," tutur Johan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Pangandaran,  Kusdiana mengatakan pihaknya segera mengambil langkah-langkah mengantisipasi kasus virus Corona dalam kaitannya dengan aktivitas pariwisata di Pangandaran.

Pihaknya meminta masyarakat tetap tenang atau tak panik menghadapi situasi ini.

"Segera kami undang beberapa dinas terkait dan para pelaku usaha pariwisata termasuk pihak hotel, untuk membahas langkah-langkah antisipasinya seperti apa," ujar Kusdiana.* sit
 

0 Komentar