Pembangunan Komplek Wisma Haji Kab. Tasik Ditarget Tuntas 2021



Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya melalui Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang Perumahan dan Pemukiman (PUTRPP) terus berupaya menuntaskan pembangunan komplek Wisma Haji. Saat ini sejumlah sarana pelengkap, seperti Gedung Islamic Center, dan  bangunan gedung sekretariat bersama Ormas Islam Kabupaten Tasikmalaya.

Untuk pembangunan gedung Islamic Center dan bangunan gedung Ormas Islam,  Pemkab Tasikmalaya menggelontorkan anggaran sebesar Rp 20 Miliar, pembangunannya dilakukan dalam satu tahap pengerjaan.

Saat ini, Dinas PUTRPP tengah berupaya untuk menuntaskan pembangunan Wisma Haji, yang rencananya akan dibangunan sebanyak tiga gedung, berlantai dua dan empat. Dari target tiga gedung, saat ini baru selesai dibangun satu gedung.

Selain itu, Dinas PUTRPP juga melakukan penataan pada kawasan Mesjid Agung Baiturrahman, dengan sarana pelengkap lainnya, berupa taman mesjid, masing-masing pembangunannya menghabiskan anggaran sebesar Rp 15 Miliar.

Kepala Bidang Tata Bangunan Yapit ST didampingi Kasi Perencanaan Agus, saat ditemui di kantornya, Selasa (07/01) menuturkan saat ini kami terus berupaya untuk menuntaskan pembangunan komplek Wisma Haji, sesuai dengan Detail Engineering Design (DED) yang sudah dibuat.

Bangunan pelengkap yang sudah ada saat ini diantaranya gedung Islamic Center, dan bangunan gedung untuk Organisasi Islam. Untuk wisma haji akan dibangun di area  belakang gedung Islamic Center sebanyak tiga gedung. Terangnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, dari tiga bangunan gedung wisma haji yang direncanakan, saat ini kita baru menuntaskan satu bangunan gedung wisma haji, dengan sarana pelengkap lainnya berupa miniatur K'abah (tempat Tawaf) dan tempat Sa'i, hal itu untuk mempermudah calon jamaah haji melakukan kegiatan manasik.

Karena keterbatasan anggaran, pembangunan satu gedung wisma haji ini dilakukan dalam dua tahap, tahun 2018 sebesar Rp 8 Miliar, di 2019 sebesar 5 Miliar rupiah, bersumber anggaran dari Dana Alokasi Umum (DAU) dan Bantuan Pemerintah Propinsi atau Banprop, baru 13 Miliar dari rencana total anggaran 40 Miliar.

Ia menambahkan, kami akan terus berupaya dan berharap, agar pembangunan wisma haji ini tuntas sesuai dengan waktu yang sudah ditetapkan, di RPJMD pembangunan komplek wisma haji ini ditarget selesai pada tahun 2021, untuk mewujudkannya, tergantung kebijakan pimpinan dan ketersediaan anggaran.

Kapasitas wisma haji ini dapat menampung per satu kloter jemaah haji sebanyak 450 orang, dilengkapi dengan sejumlah fasilitas seperti Aula, Ruang makan, dan sarana pendukung lainnya. Satu blok masa (gedung), ada yang dua lantai ada yang empat. Untuk wisma haji yang sudah jadi saat ini berlantai dua, dengan kapasitas daya tampung sebanyak 50 jemaah haji. Pungkasnya. Pid