Labelisasi KPM PKH Bantarkalong Dilaksanakan Bertahap



Pemasangan label berupa stiker yang menunjukan identitas keluarga penerima manfaat program keluarga harapan (KPM PKH) di Kec. Bantarkalong mulai dilaksanakan Rabu (20/2/2020).
Pemasangan label bagi KPM di wilayah Kec. Bantarkalong pada delapan desa, yang telah direncanakan pendamping dan pemdes tersebut, mulai dilaksanakan di Desa Simpang, yang memiliki 190 KPM PKH. Selain para pendamping PKH, ikut menyertai dalam proses pemasangan label tersebut perwakilan Muspika, TNI/Polri, Pemdes, dan para ketua RT/RW.
Koordinator pendamping PKH Kec. Bantarkalong, Cecep Kusnandar MPd bersama pendamping PKH Desa Simpang, Mimma Fatmala STKeb, di sela-sela pemasangan label di sejumlah rumah peserta PKH di Kp. Ciasmin Desa Simpang mengungkapkan, pemasangan label merupakan kesepakatan dan kerja sama antara pemerintahan desa, muspika, dan pendamping PKH, yang dibuktikan dengan penanda tanganan berita acara pemasangan labelisasi KPM, untuk memperjelas status penerima manfaat PKH, agar lebih transparan dan tepat sasaran, sekaligus memudahkan pendataan fisik maupun psikologis mereka selama mereka menjadi penerima manfaat.
"Direncanakan seluruh penerima PKH di Kec. Bantarkalong akan dipasangi label, namun akan dilaksanakan bertahap. Untuk pelaksanaan awal di Desa Simpang dan Hegarwangi, yang masing-masing beranggotakan 190 KPM, dilanjutkan Desa Wangunsari dengan 367 KPM," ujar Cecep.
Kepala Desa Simpang, Budi Zaenal Abidin ditemui terpisah mengungkapkan, dirinya sangat setuju dengan kebijakan pemasangan labelisasi bagi penerima manfaat PKH dan program bantuan sosial lainnya, agar mempermudah pengawasan dan pembinaan.
Menurut Budi, pemasangan label keluarga pra sejahtera tersebut diyakini akan berdampak positif bagi penguatan psikologis penerima, untuk memanfaatkan bantuan sosial yang mereka terima untuk dimanfaatkan sesuai peruntukan, sekaligus meningkatkan taraf kesejahteraan keluarga mereka.
"Semoga dengan pemasangan labelisasi pada penerima bantuan sosial dari pemerintah makin mendorong mereka lebih giat dan fokus meningkatkan taraf hidup mereka, menjadi sejahtera berkat bantuan yang mereka terima sebelumnya," harapnya. ful

 

0 Komentar