Dampak kemarau, Warga di sejumlah daerah di Tasela mulai alami kesulitan air bersih



Kemarau yang masih berlangsung di wilayah Tasik Selatan sampai saat ini mulai berdampak langsung pada warganya yang mulai kesulitan dapatkan air bersih, selain sumur tanah mengering, sejumlah mata air yang berada di lingkungan tempat tinggal merekapun telah kering. Selain itu terlihat sejumlah sungai yang ada pun telah mengering hingga berdampak banyak petani yang menunda menggarap lahan sawah karena terkendala tak adanya air untuk mengairi sawah-sawah mereka, bahkan sejumlah Embung yang ada di Tasela seperti Embung Cibeureum di Kec. Bantarkalong pun saat ini telah alami penyusutan air drastis dan cenderung telah mengering.
Kesulitan air bersih saat ini telah di rasakan untuk warga asal Kec.Cibalong tepatnya desa Singajaya, Untuk mendapatkan air bersih guna pemenuhan kebutuhan memasak dan minum, warga terpaksa mengambil air dari kubangan air yang sengaja mereka buat di area sungai Ciwulan yang telah mengering dan berjarak cukup jauh dari rumah mereka.
"sejak beberapa pekan ini kami terpaksa mengambil air dari kubangan buatan di sungai ciwulan yang mengering, itupun hanya sekali mengambilnya karena air dari kubangan itu tak cukup banyak mengeluarkan air,bahkan dalam beberapa hari ini air yang keluar sedikit dan keruh"
keluh dedeh, seorang warga pada Tasikplus kamis (9/8).

Mendapati kondisi tersebut, pemdes Singajaya bersama Relawan Bemcana langsung berkoordinasi dengan Pihak kecamatan untuk selanjutnya mengajukan permohonan bantuan air bersih kepada Badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) Kab.Tasikmalaya. akhirnya usaha mereka berhasil, BPBD akhirnya mengrimkan ribuan liter air bersih mengunakan truk tangki untuk di distribusikan kepada warga.

BPBD Kab.Tasikmalaya pun langsung bertindak cepat, menggunakan dua unit mobil tangki miliknya, mereka mendistribusikan air bersih bagi warga desa Singajaya dari sejumlah kedusunan tersebut. Warga di sana pun menyambut antusias bantuan air bersih ini, tampak puluhan warga dengan membawa wadah air seadanya rela mengantri untuk dapatkan giliran dapatkan air dari truk Tangki BPBD.
"kami cukup terbantu dengan bantuan air bersih ini, minimal membuat kami miliki stok air bersih beberapa hari mendatang tanpa harus berjuang keras mengambil air bersih yang jaraknya sangat jauh dari rumah kami"
jelas yayah, seorang warga dengan wajah sumringah.


Dari informasi yang berhasil di himpun, selama beberap hari BPBD intens memberikan Bantuan air bersih bagi warga asal 6 desa diwilayah Kec. Cibalong karena adanya permintaan dari pemdes dan relawan di kecamatan ini

"kami akan lakukan pengiriman air bersih kepada warga seiring permintaan resmi dari pemdesnya, namun kami berharap warga dapat bersabar pasalnya keterbatasan Armada jadi kendala BPBD dalam memenuhinya, sehingga kami ambil langkah bergilir mengirim air bersih di semua daerah yang membutuhka "
jelas seorang Staff di BPBD Kab. Tasikmalaya.

Oleh: MZ. Saeful