Budi pekerti anak kian pudar, pengawasan guru dan orang tua menjadi sangat penting

Tampak bangunan DTA Al-Mubarok Desa Jatijaya Kec Gunungtanjung

Menurut kepala madrasah Diniyah Al Mubarok, KH M. yusuf yang familiar disapa H. Ade, saat ini kondisi akhlak budi pekerti masyarakat semakin memudar. Sebagai bukti makin banyak anak di bawah umur yang terang terangan merokok, minuman keras, berani melakukan tindakan asusila dan kejahatan lainnya kepada teman sebayanya.

Kita tak bisa menampik hal itu semua nyata. Setiap hari berita di tv maupun koran pasti ada tindak pidana. Hal ini merupakan kesalahan yang didasari oleh kurangnya pendidikan karakter, juga kurang matangnya pendidikan tentang akhlak, jelas H. Ade

Meskipun kini Diniyah maupun lembaga lembaga senada banyak bertebaran, namun kondisi akhlak masyarakat tampak semakin memudar, tandasnya.

Peran didikan orang tua sangat penting demi mencetak anak yang tahan dari godaan pergaulan bebas. Pendidikan dari orang tua yang dapat dilakukan diantaranya melakukan pembatasan gadget pada anak, penerapan tata bahasa yang baik, dan mengajari anak sopan santun tegasnya. Maka dari itu kita sebagai orang tua harus tegas namun jangan sampai menyakiti anak, semua itu lebih efektif diterapkan oleh orang tua kaitan akhlak dan karakter anak, paparnya.

Oleh: Ade Johari