Bumdesa Mitra Mandiri desa Tobong jaya kembangkan usaha bata merah berikut unit usaha lainya.

Sejumlah pekerja tengah memproduksi bata merah di Saung bata yang di kelola Bumdesa Mitra mandiri desa Tobon jaya Kec. Cipatujah.

Terbentuk sejak awal tahun 2018 silam, Bumdes Mitra Mandiri desa Tobong jaya kecamatan Cipatujah Tasik selatan langsung lakukan sejumlah strategi untuk manfaat potensi guna wujudkan unit usaha mereka. Jenis usaha yang tengah di laksanakan badan usaha milik desa ini adalah produksi bata merah dengan melibatkan warga dalam memproduksi Bata merah di saung bata di Kp.Cihaur.

Dengan bantuan mesin  pres guna pembuatan bata merah, pekerja yang seluruhnya merupakan warga sekitar, saat ini mereka  mampu memproduksi bata merah sebanyak 5-8 ribu dalam sehari. Sementara untuk pangsa pasarnya, pengelola unit usaha Bata merah tak alami kendala pasalnya mereka telah menjalin kerja sama dengan sejumlah toko matrial hingga para pengepul guna memasarkan bata merah langsung kepada siapapun yang membutuhkanya. Seperti yang disampaikan  direktur Bumdesa Mitra Mandiri, Ivan Rivan firdaus SSi MPd. Menurutnya tak begitu susah memasarkan bata merah produksinya, karena sejak dulu desanya telah terkenal menjadi penghasil bata merah  berkualitas yang di hasilkan sejumlah warga.

Masih menurut Ivan, selain Unit produksi bata merah, bumdesa mitra mandiri juga melaksanakan unit usaha lainya seperti unit simpan pinjam, usaha pertanian serta usaha warung elektronik (E- warung) yang melayani  berbagai transaksi berbasis elektronik.
"selain unit yang telah berjalan saat ini, pengelola akan terus menggali potensi yang dapat di jadikan unit usaha bumdesa ini"tegasnya.

Sementara kades Tobongjaya Dedi Rohmatandi SAg di temui Tasikplus di ruang kerjanya senin (30/7) mengaku sangat mendukung sejumlah langkah inovatif yang di laksanakan pengelola Bumdesanya. Menurut kades apa yang di lakukan ini akan berdampak besar terhadap peningkatan Pendatapan asli desa, hingga membantu upaya mendongkrak kesejahteraan warga sekaligus mengurangi pengangguran. "kami akan terus dorong dan membantu pengelola Bumdesa dalam menjalankan usahanya"pungkasnya.

Oleh: MZ Saeful