Delegasi Singapura Mengaku Tertarik dengan Mendong Tasik

Delegasi Singapura mengaku  tertarik dengan salah satu potensi produk unggulan Kota Tasikmakaya, yakni mendong yang banyak diproduksi di Kec. Purbaratu, Kota Tasikmalaya.

Malah, ke depan, rencananya mereka akan membuka kerja sama denga pemkot dalam hal pengembangan dan pemasarannya agar bisa masuk kancah internasional.

Adapun delegasi Singapura datang ke Kota Tasikmalaya dalam kaitan dengan kegiatan TIEC di Tasikmalaya Oktober Festival (TOF).

“Kami ingin kerja sama dengan sejumlah pengrajin juga pengusaha Mendong di sini untuk dikembangkan di Singapura. Bahkan nanti kami akan undang pengrajin, pengusahanya juga walikota dalam pameran di Singapura pada Maret 2018,”ujar Managing Director Jaco, Jery Tan, didampingi oleh penerjemaah Senin (16/10).

Namum Jerry ingin melihat dulu bagaimana cara pengelolaan dan kualitas mendong tersebut.  “nantinya harus ada inovasi baru supaya lebih menarik. Serta bisa bersaing dengan negara lain, dsri desaing dan cara pembuatannya” paparnya.

Jerry berjanji akan membantu dengan mengadakan pelatihan agar mereka tahu bagaimana cara meningkatkan produksi juga bagaimana membuat Nendong supaya lebih kreatif dan inovatif. Karena usaha mendong punya prospektif bagus.

“Dulu kami beli mendong dari Yogyakarta dan Bali. Ternyata mendong di kedua kota itu justru belinya dari Tasikmalaya. Sehingga nanti cukup beli di sini saja dengan cara kerja sama,” ujarnya.

Setelah kunjungan itu pihaknya akan segera menindaklanjuti terkait kerja sama tersebut secara teknis dengan melibatkan wali kota bussines development center (BDC) dan camat setempat.

Sementara itu koordinator BDC wilayah Purbaratu, Riga, mengatakan saat ini ada sekitar seratus pengrajin yang sudah siap melakukan kerja sama dengan delegasi Singapura tersebut. Bahkan pihaknya sangat merespon adanya delegasi itu.

“Kami berharap kerja sama ini bisa saling menguntungkan. Bahkan produk Mendong ini bisa kembali menjadi memiliki warna. Sehingga bisa bangkit go international dengan dibantu oleh delegasi Singapura itu,” imbuhnya.

Oleh: Piter
 

0 Komentar