Hadirkan SIDATA GENTING, Genre Jabar Raih Apresiasi Implementasi Nyata Cegah Stunting Terbaik

Tim GenRe Jabar menunjukkan bukti kehebatan kerja. Mereka mendapat Apresiasi Implementasi Nyata GenRe Cegah Stunting Terbaik dari BKKBN RI, dalam Apresiasi dan Jambore Ajang Kreativitas GenRe di Tingkat Nasional 2023.
Tasikplus.com-Mendukung pencapaian masa Emas Indonesia 2045, Jawa Barat sejak lama menetapkan tagline “Jawa Barat Zero New Stunting”. Berbagai ikhtiar dilancarkan melibatkan banyak kalangan.


Di pengujungnya, mengukir prestasi pencapaian penurunan angka stunting sangat signifikan. Kalau di tahun 2019 berada di peringkat 11, dengan prevalensi 26,21%. Saat ini merujuk pelaporan e-PPGBM angka stunting Jabar hanya 6,01.

Tak hanya itu, keberhasilan yang bisa dikata membanggakan saat ini. Tak kalah dengan hasil kerja tim GenRe Jabar, di satu ajang nasional kemarin, mendapatkan Apresiasi Implementasi Nyata GenRe Cegah Stunting Terbaik yang diberikan BKKBN RI dalam Apresiasi dan Jambore Ajang Kreativitas GenRe di Tingkat Nasional 2023.

Pencapaian-pencapaian yang tentu bukan buah kerja satu pihak. Namun hasil kerja keras seluruh elemen yang ada di Provinsi Jawa Barat. Termasuk dalam hal ini Generasi Berencana (GenRe)-nya.

Ketercapaian 100,66 %
Memasuki 2023, merupakan tahun pertama GenRe Jabar memiliki tanggung jawab melakukan intervensi pencegahan stunting dari hulu dengan menggunakan Modul Edukasi Gizi dan Pencegahan Anemia, rancangan Direktorat Bina Ketahanan Remaja BKKBN RI.

Dalam satu workshop di Jakarta pada 22 Februari 2023, Jawa Barat masuk ke dalam 12 Provinsi Lokus Tagging Stunting dan mendapat sasaran target remaja tertinggi. Sejumlah 428.427 orang

Angka yang tidak sedikit. Namun itu fakta garapan yang harus dihadapi. “Target yang tercantum dalam workshop hari ini, adalah sasaran remaja yang harus terpapar Implementasi Nyata GenRe Cegah stunting di tahun 2023”, ujar Direktur Ketahanan Remaja, kala itu.

Tanpa berpikir lama , Tim GenRe Jawa Barat langsung membuat sebuah strategi berikut inovasi hingga hadirlah satu Sistem Informasi Data GenRe Cegah Stunting yang disingkat “SIDATA GENTING”. Pada gilirannya sistem ini menjadi akselerator tercapainya zero new stunting.

Melalui sistem itu GenRe Jabar lebih mudah mendapatkan data secara akurat by name by address seluruh remaja yang sudah terpapar edukasi gizi dan anemia.

Memasuki pengujung tahun 2023 kerja tim dengan SIDATA GENTING berhasil menunjukan signifikansi pencapaiannya. Pada laporan Desember 2023 tercatat 431.311 jiwa remaja sudah tersentuh edukasi gizi dan pencegahan anemia. Dengan begitu persentase ketercapaiannya sebesar 100,66 %.

Atas kerja keras dan kerja cerdas serta dukungan segenap elemen di Jawa Barat, capaian keberhasilan hingga mengantarkan GenRe Jawa Barat mendapatkan Apresiasi Implementasi Nyata GenRe Cegah Stunting Terbaik dari BKKBN RI.

Kabar menarik lainnya, Sistem Informasi Data GenRe Cegah Stunting milik Jawa Barat akan turut diadopsi oleh GenRe Indonesia agar kemudian dapat diterapkan untuk seluruh Remaja Indonesia.

“Ingat, Remaja juga bisa mengambil peran dalam penurunan angka prevalensi stunting dimulai dari diri sendiri; dengan memastikan gizi seimbang, rajin berolahraga, dan minum tablet tambah darah”, pesan Dini Zakiyah, wakil ketua Forum GenRe Jabar.

Ajaknya lagi, "Yuk, Generasi Muda Jawa Barat! Mari ambil peran untuk sama-sama menciptakan SDM Unggul atau iron stock terbaik yang bersiap dalam menghadapi Bonus Demografi Menuju Indonesia Emas 2045".red/rls
 

0 Komentar