Karnaval Meriah dalam Festival Seni Akhir Tahun 2023 di Tasikmalaya

Diikuti lima daerah di Priatim, tiap daerah menampilkan kekhasan seni masing-masing di ajang Festival Seni Akhir Tahun 2023 Syukur Waktu 12 
Tasikplus.com-Di pengujung tahun 2023, satu pertunjukan seni Priangan Timur (Priatim), Jabar, tertampil. Pagelaran dipusatkan di tengah Kota Tasikmalaya. Berlangsung empat hari, Kamis - Minggu (28-31/12/23).

Festival Seni Akhir Tahun 2023 Syukur Waktu 12, demikian nama even itu. Cukup menyta di hari pertama gelaran dengan kegiatan Golek Karnaval, dipusatkan di sekitar Taman Kota Tasikmalaya.

Ajang Syukur Waktu 12, digagas Komunitas Cermin Tasikmalaya. Diikuti lima daerah di Pritim, dan mereka menampilkan kekhasan seni daerah masing-masing hingga mendekatkan aroma-aroma mitos-mistik sendiri-sendiri.

Dengan pertunjukan karnaval, start dimulai dari Tama Kota , dan dilepas langsung Kepala Kadis Porabudpar Kota Tasikmalaya Deddy Mulyana. Mereka kemudian melewati ruas Jl HZ Mustofa, Pataruman, Tentara Pelajar.

Seterusnya, memasuki Jl Otto Iskandar, Jalan Pemuda dan kembali ke Depan Kantor Disdukcapil Kabupaten Tasikmalaya. Sepanjang karnaval cukup mendapatkan antusias dari ribuan warga penonton yang menyaksikan.

Ketua pelaksana Ashmansyah Timutiah mengatakan, para peserta Golek Karnaval menampilkan kesenian khas atau daerah masing masing - masing. Seperti ada kesenian Badawang dan Kuda Lumping asal Kota Tasimalaya.

Penampil perwakilan Kabupaten Tasikmalaya, ada Sisingaan, Kabupaten Ciamis ada Bebegig, Kabupaten Garut ada Raja Dogar, serta Buta Kararas dari Kota Banjar.

Menjadi tema festival, 'Kita Punya Cerita, Punya Karya dan Punya Budaya'. Yang artinya bahwa satu kebudayaan terlahir dari satu rangkaian cerita- cerita dan itu menjadikan satu karya masyarakat secara kolektif dan akhirnya melahirkan budaya.

Terdapat beberapa even dalam kegiatannya, antara lain dengan jenjang lomba tingkat nasional, seperti menulis esai nasional, lomba baca puisi, lomba fotografi, videografi, lomba menggambar secara nasional, dengan antusiasme cukup besar.

Lainnya, lomba melukis bersama. Pesertanya ada dari Bandung, Garut, Ciamis. Melukis di sepanjang Jalan Hz Mustofa. Lalu, ada lelang lukisan keesoknnya.

Agend setiap tahun
Terpisah, Kadisporabudpar Kota Tasikmalaya Deddy Mulyana, mengaku pihaknya bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya menyambut baik kegiatan yang digagas Komunitas Cermin Tasikmalaya. Hingga kali ini yang ke-12 kali.

Menurutnya, ini bisa menjadi sebuah potensi yang bisa dipasarkan kepada khalayak luas, bahwa setiap akan pergantian tahun, Kota Tasikmalaya mengadakan kegiatan yang luar biasa. red

0 Komentar