PWI Sampaikan Keprihatinan dan Duka Mendalam di Tengah Memburuknya Situasi Gaza


Tasikplus.com - Dalam beberapa hari ini belum menunjukkan gelagat perang mereda. Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, menyampaikan pernyataan keprihatinan dan duka mendalam terkait memburuknya situasi konflik di Gaza.

Di tengah situasi yang terus jadi perhatian dunia, dengan korban bukan saja kalangan yang berkonfrontasi, tapi banyaknya warga sipil, kaum perempuan dan anak-anak. PWI pun mencatat di dalamnya termasuk terus bertambahnya wartawan dan staf media yang tewas.

Organisasi wartawan Indonesia ini melaporkan, hingga 3 November 2023 lalu, seperti lansiran Committee to Protect Journalist, setidaknya sudah 36 wartawan dan pekerja media yang tewas sejak serangan Israel ke Gaza

Beberapa pernyataan yang disampaikan PWI Pusat dalam Siaran Pers yang diterima redaksi sebagai berikut, Kematian wartawan dan pekerja media yang bertugas untuk menyampaikan laporan atas pembantaian warga sipil oleh tentara Israel merupakan tragedi kemanusiaan yang tidak dapat diterima akal sehat. Karena bertentangan dengan prinsip dan spirit humanisme universal.

Wartawan dan pekerja media, sejatinya adalah salah satu entitas yang wajib dilindungi sebagaimana tercantum dalam hukum Humaniter Internasional bahwa wartawan yang bertugas di daerah konflik bersenjata dianggap sebagai warga sipil dan harus dilindungi dari serangan militer di daerah konflik.

Persatuan Wartawan Indonesia, organisasi profesi jurnalis yang tertua dan terbesar di Indonesia, meminta para pihak yang terlibat dalam pertempuran di Gaza agar menahan diri dan harus melindungi wartawan yang meliput konflik di Gaza. Karena memiliki tugas mulia dalam menyampaikan kebenaran.

Persatuan Wartawan Indonesia meminta pimpinan media dan wartawan yang bertugas meliput konflik bersenjata di Gaza untuk membuat persiapan yang matang dan mempertimbangkan langkah-langkah untuk meminimalisasi risiko, agar tidak ada lagi korban jiwa di kalangan wartawan dan staf media yang berjatuhan. 

Persatuan Wartawan Indonesia menyatakan ikut berduka yang mendalam dan berempati kepada keluarga wartawan dan staf media yang menjadi korban tragedi di Gaza. Semoga Allah SWT memberi kekuatan kepada keluarga korban dalam menghadapi cobaan ini. red/rls
 

0 Komentar