Pada Gelombang Akhir PMB 2023 Umtas Buka 4 Jurusan Kelas RPL

Kampus Umtas membuka jalur RPL di masa PMB gelombang akhir (September-Oktober) 2023, dengan quota 150 orang.
Tasikplus.com - Menjadi kesempatan baik bagi mereka yang memerlukan. Kampus Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya (Umtas), membuka kelas Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) dalam penerimaan mahasiswa baru sesi gelombang akhir 2023.

Gelombang akhir PMB Umtas ini berlangsung September-Oktober 2023. Jalur RPL diberikan pada mereka berkuliah di tengah aktivitas yang dijalani. Untuk meningkatkan kualifikasi, kompetensi, di jenjang akademik (S1) yang linier atau diperlukan.

“Kita sudah mendapat SKnya dari Kemendikbud untuk membuka jalur RPL ini. Ada quota penerimaan dalam jumlah keseluruhannya hingga untuk 150 orang,” ungkap Rektor Umtas, Neni Nuraeni M.Kep, Ns.Sp.Kep.Mat.

Ia pun menggambarkan dengan kelas RPL ini misal, seseorang yang sudah bekerja di lembaga PAUD, sudah bertahun-tahun mengajar tapi tak punya ijazah atau pendidikan sesuai.

“Jalur RPL memasilitasi kondisi seperti itu, kemudian bagi mereka yang terputus kuliah atau belum pernah kuliah, menyesuaikan kebutuhan jenjang atau kualifikasi akademik pada pekerjaan yang sedang dijalani”, sambungnya.

Rektor mengibaratkan, ada seseorang yang sudah bekerja di satu perusahaan/lembaga, sudah jadi bagian dari satu pekerjaan. Keahliannya diperlukan, tapi strata akademiknya perlu penyesuaian, hal seperti ini bisa masuk kelas RPL.

Pola di RPL ini akan menghitung seseorang dengan kinerja yang sudah dijalaninya. Kinerja yang dilakukan selama ini di tempat kerja, akan dimatrikulasi ke dalam SKS, sehingga kalau yang reguler misal, harus menyelesaikan 120 SKS, ini akan dikurangi aspek kinerja tadi.

Adapun jurusan-jurusan yang dibuka dalam jalur RPL terdiri program studi (prodi) PGSD, PAUD, Teknik Mesin, dan Sendratasik (Seni, Drama, Tari dan Musik), serta Pendidikan Teknologi Informatika. gus
 

0 Komentar