Lebih 1.700 Mahasiswa Unper Tasikmalaya Ikuti Prosesi Pelantikan dan PKKMB

Perwakilan mahasiswa baru mendapat pengenaan jaket almamater dari pimpinan lembaga/kampus, menandai proses pelantikan dan PKKMB Unper 2023 dalam Sidang Senat Terbuka Unper, Selasa (12/9).
Tasikplus.com - Disaksikan berbagai kalangan stakeholders. Kampus Universitas Perjuangan (Unper) Tasikmalaya, Selasa (12/9) pagi, menggelar prosesi pelantikan mahasiswa baru tahun akademik 2023/2024. Agenda prosesi dirangkaikan sesi pembukaan PKKMB tahun 2023.

Upacara pelantikan dan PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru) dilangsungkan di halaman kampus. Menghadiri acara, jajaran pengurus lembaga penaung, Yayasan Universitas Siliwangi (YUS), unsur Forkopimda Kota Tasikmalaya, kalangan pimpinan perbankan, para rektor di Tasikmalaya, unsur muspika, unsur pimpinan kampus, dll.

Pada angkatan tahun 2023 ini, Unper kedatangan mahasiswa baru sejumlah 1.702 orang. Tersebar di seluruh jurusan pada Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Kesehatan, Fakultas Pertanian dan FKIP. Saat ini total mahasiswa Unper lebih 6.052 orang.

Dalam pidatonya, Rektor Unper Prof H Yus Darusman mengaku bersyukur, dari tahun ke tahun kepercayaan masyarakat ke Unper terus meningkat ditandai dengan angka mahasiswa barunya yang rata-rata naik di kisaran 20%. Kecuali saat Covid-19 menimpa.

Berkenaan dengan prosesi pelantikan dan PKKMB yang akan berlangsung sekitar sepekan sejak dibuka, Prof Yus mengingatkan para mahasiswa untuk selayaknya bersyukur. Banyak sesama yang tak bisa melanjutkan. Diyakinkan pada mereka, tepat memilih Unper. Jadikan berstudi lanjut ke perguruan tinggi sebagai sukses awal.

Tekadkan untuk terus berjuang sebagai generasi penerus bangsa dan bekerja keras sampai menghasilkan hal-hal terbaik bagi bangsa. Para pengelola kampus atau pihaknya siap mengestafetkan warisan kebaikan pada generasi penerus, terutama mahasiswa baru.

Unper, sambung Yus, selalu menjunjung tinggi kualitas, baik kualitas tenaga pendidik, tenaga kependidikan. Kualitas layanan, isi kurikulum, proses pendidikan, hasil belajar, dan kualitas sarana prasarana.

Selama ini banyak mahasiswa Unper menorehkan prestasi di kancah nasional bahkan internasional. “Saya pun meminta kepada para mahasiswa baru selalu menjunjung tinggi kualitas hidup, etos belajar keras, disiplin, dan semangat juang pantang menyerah dalam menghadapi kesulitan,” ujarnya.

Emban amanah
Saat memberi sambutan di kesempatan sama, Ketua Umum YUS, Brigjen TNI (Purn) H Eko Irianto SIP, menyemangati para mahasiswa. Katanya, saat para remaja masanya dihabiskan menimba ilmu itu adalah hal terbaik. “Guru-guru Anda terus membimbing untuk menjadi orang berguna, pandai, cerdas, berkemampuan di bidangnya, mencintai bangsa-negara. Pegang terus amanah”, pesannya.

Amanah yang dimaksudnya, itu datang dari orangtua yang mendukung, menyokong, membiayai kuliah. Emban amanah dengan menunjukkan kemampuan merubah hal-hal yang lebih baik. Jangan mengecewakan orangtua. Pesan H Eko berikutnya, meminta civitas pengelola kampus, menghindari kesalahan-kesalahan.

“Buat iklim kampus aman, nyaman, untuk mendukung capaian proses belajar-mengajar dengan baik. Hadirkan terobosan-terobosan sehingga menghasilkan capaian prestasi-prestasi berkibar”, imbuhnya di acara itu. gus
 

0 Komentar