Program PbM Dosen Teknik Sipil Dorong Peningkatan Kapasitas Situ untuk Pemenuhan Air Baku Masyarakat

Kegiatan survei investigasi guna mengetahui data-data teknis eksisting, seperti ketinggian muka air, elevasi situ, dll. Dilakukan para dosen dalam kegiatan PbM berfokus mendorong peningkatan kapasitas Situ Cidanti.
Situ Cidanti atau masyakarat Desa Gunungsari menyebutnya dengan cekdam, merupakan resevor alami sebagai tempat penampungan air. Debit air yang terkumpul selama ini dimanfaatkam untuk memenuhi kebutuhan air baku penduduk desa dan memenuhi kebutuhan aliran air sawah (irigasi).

Sumber air Situ Cidanti berasal dari rembesan tanah di sekitar situ dan air hujan. Menurut warga, situ tidak pernah kering sekalipun musim kemarau. Kondisi eksisting situ yang masih alami dapat ditingkatkan sehingga fungsi situ dapat dimaksimalkan serta pengelolaan situ juga bisa ditingkatkan.

Mendapati kondisi itu, beberapa dosen asal jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik (FT) Unsil, melakukan penelitian hingga menjadikan lokasinya kegiatan Pengabdian bagi Masyarakat (PbM), bertema Perbaikan Bangunan Cekdam Cidanti.

Tim dosen ini terdiri (Ketua), Novia Komala Sari SPd MT. Beranggota, Rosi Nursani ST MT, Ir Indra Mahdi MT dan Iman Handiman ST MT.

Bersamaan pelaksanaannya, dibutuhkan survei investigasi guna mengetahui data-data teknis eksisting, seperti ketinggian muka air, elevasi situ, dll. Sampai perhitungan kapasitas tampungan air situ guna menunjang perencanaan situ nantinya.

Rangkaiannya, melakukan sosialisasi dan penyuluhan yang kemudian dihadiri puluhan warga terdiri unsur pemerintahan desa serta perwakilan tokoh masyarakat. Topik diangkat mengenai fungsi dan pemanfaatan Situ Cidanti, perbaikan serta pemeliharaan situ.

Masih dalam rangkaian PbM, seperti disampaikan Novia, melakukan investigasi lapangan seperti pengukuran dan pengambilan data teknis yang akan digunakan untuk analisis hidrologi situ dan kapasitas tampungan situ.

Ada juga kegiatan pembersihan lapangan. Lalu, finalnya memberikan rekomendasi ke pemerintahan desa untuk perbaikan dalam perencanaan situ ke depannya, serta pemeliharaan berkala dan sistematis.

Diharapkan dengan adanya pengabdian bagi masyarakat ini, imbuh Novia, dapat memberikan masukan dan rekomendasi terhadap perencanaan dalam peningkatan kapasitas Situ Cidanti. Sehingga pemanfaatan situ akan maksimal baik dalam memenuhi kebutuhan air baku masyarakat maupun kebutuhan lainnya warga Desa Gunungsari. gus

 

0 Komentar