Gelar Kegiatan Pengabdian Masyarakat, Para Akademisi Teknik Sipil Ini Tawarkan Penanganan Masalah Air Bersih

Para akademisi Teknik Sipil Unsil dalam tim PbM penanganan masalah air bersih di Desa Gunungsari, turun pada lokasi tertentu untuk memastikan alur pemasangan sistem jaringan pipa air.
Persoalan sampai kekurangan pemenuhan air bersih, menjadi permasalahan yang masih dialami beberapa daerah di Tanah Air. Tentunya, untuk mengatasi kondisi ini, perlu solusi. Dan, salah satu di antaranya seperti dialami warga Desa Gunungsari, dalam wilayah Kecamatan Cikatomas, Kab.Tasikmalaya.

Melihat permasalahan itu, kemudian menjadi perhatian sekalangan akademisi Universitas Siliwangi (Unsil). Tepatnya para dosen jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik (FT). Selanjutnya mereka melakukan satu kegiatan Pengabdian bagi Masyarakat (PbM) Tahun 2023, bertema Penanganan Permasalahan Air Bersih di Desa Gunungsari.

Diketuai Pengki Irawan STP MSi. Beranggota, Dr Permana Hendrawangsa, Ir Empung MT, Hidayanto ST MT, Ir Hendra ST MSc. Mereka melakukan kegiatan PbM-menyosialisasikan Penanganan Air Bersih dengan pelaksanaan Rabu (12/6). Pesertanya kalangan perangkat pemerintahan desa, tokoh masyarakat, dan perwakilan warga lainnya.

Menjabarkan tema kegiatan, solusi permasalahan yang diangkat menjadi konsep penanganan, yaitu ke perencanaan pembuatan sistem jaringan pipa distribusi air bersih. Mengalirkan air bersumber dari Sungai Ciwulan, dan disalurkan ke satu lokasi reservoir.

Latar belakang kondisi kontur Desa Gunungsari yang berbukit, serta letak sumber mata air yang jauh dari pemukiman, selama ini menyebabkan pengambilan air sulit dilakukan. Maka dari itu diproyeksikan pembuatan sistem jaringan pipa distribusi air bersih dengan bantuan pompa hydrum di Desa Gunungsari.

“Air yang berasal dari Sungai Ciwulan sebagai sumber mata air, akan dipompa dengan menggunakan pompa hydrum. Selanjutnya air ini akan didistribusikan menuju reservoir,” ujar Pengki Irawan.

Penanganan dan penyedian model itu, pihaknya harap dapat menyalurkan air dari lokasi sumber terhadap lokasi-lokasi yang kekurangan selama ini. Desa Guungsari selama ini merupakan desa binaan kampus Unsil.

“Dengan diadakannya pengabdian pada masyarakat ini diharapkan dapat membantu pemerintah desa dalam mengatasi permasalahan pendistribusian air bersih. Membantu masyarakat supaya dapat terpenuhinya kebutuhan peting soal ketersediaan air ini”, imbuh ketua tim PbM itu. gus
 

0 Komentar