Unsil Tambah Quota PMB di Tahun 2023

Prof Dedi Kusmayadi
Tasikplus, 10 Maret 2023                                                                                                             Masa seleksi penerimaan mahasiswa baru (PMB) di kampus-kampus perguruan tinggi negeri (PTN) sudah dimulai. Terutama dari tiga jalur dengan layanan pertama, Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP). Tahapan itu termasuk yang sedang berjalan di kampus Unsil Tasikmalaya.

Yang menjadi informasi lainnya di kampus Unsil, pada angkatan penerimaan tahun 2023 ini dengan jumlah quota PMB bertambah dibanding tahun sebelumnya. Peningkatan penerimaan setelah terdukung sarana prasarana dan sumber dayanya bertambah.

“Iya, memasuki tahun ini kita ada penambahan quota penerimaan mahasiswa baru dengan kisaran kenaikan 5% sampai 8% di prodi tertentu. Penambahan penerimaan hampir di semua fakultas. Tapi fiksnya masih dihitung,” jawab Wakil Rektor I Unsil, Prof Dedi Kusmayadi, saat ditanya Kamis (9/3).

Selain tambahan teralokasi pada beberapa fakultas, terdongkrak juga kampus Unsil kini membuka prodi baru, seperti jurusan Fisika di FKIP, jurusan Gizi di Fakultas Ilmu Kesehatan, dan informasinya pengembangan jurusan di Fakultas Teknik.

“Berkenaan tambahan PMB ini motivasi kita dalam harapan jadi kesempatan bagi masyarakat yang makin bertambah,” sambung Prof Dedi yang kala itu bersama Direktur Pascasarjana Unsil, Dr Jajang Badruzaman.

Untuk jalur PMB berdasar Prestasi, ungkapnya, sebagaimana pengumuman dalam pengelolaan SNBP saat ini sudah berjalan. Dalam proses penilaian dan siap diumumkan terbuka hasilnya secara nasional pada tanggal 28 Maret 2023.

Selebihnya, dua seleksi pilihan bagi calon mahasiswa lainnya adalah jalur ujian tulis berbasis komputer atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT). Dan, yang ketiga Seleksi Mandiri (SM). Alokasi pada ketiga jalur dari jumlah total penerimaan, untuk SNBP 20%, SNBT 50% dan SM 30%.

Prof dedi yang juga merangkap ketua PMB Unsil menambahkan, penaikan kuota pun merupakan opsi diambil, mengantisipasi pilihan pendaftar yang kadang pindah pilihan ke pilihan dua, atau misal setelah diterima di Unsil dia memilih kampus lain. Sehingga terjadi kekosongan.

Tahapan-tahapan seleksi atau pendaftaran akan berlanjut setelah misal, SNBP diumukan. Quota penerimaan mahasiswa baru Unsil angkatan tahun 2023 berjumlah 4.300-an orang. gus


 

0 Komentar