Tangani Ruas-ruas Jalan Rusak, UPTD PJJ V Siap Lancarkan Kegiatan Pemeliharaan

Baihaki Ridwan (paling kanan) dan Ade Uyu Suryana, menerangkan proyeksi pekerjaan pemeliharaan untuk tangani kerusakan jalan di tahun 2023, di wilayah kerja UPTD-nya, Kamis (9/3).

Tasikplus, 10 Maret 2023                                                                                                         Beberapa titik ruas jalan provinsi dalam wilayah timur Jabar (Jawa Barat), dalam kondisi rusak. Tampaknya, siap mendapat perbaikan. Bahkan sebagian diproyeksikan mulus memasuki masa Lebaran mendatang.


Informasi tersebut mengemuka dalam satu obrolan di kantor Unit Pengelola Teknis Dinas (UPTD) Pengelolaan Jalan Jembatan (PJJ) V, Dinas Bina Marga Penataan Ruang (BMPR) Jabar.

“Kita sudah tetapkan kontrak dengan rekanan. Ada sejumlah ruas jalan yang sekarang di 2023 ini dapat rehab atau pemeliharaan berkala,” kata PPK Pemeliharaan Berkala UPTD PJJ V, Baihaki Ridwan, Kamis (9/3).

Menurut PPK yang kala itu mewakili kepala UPTD PJJ V, tak ada jenis pekerjaan berupa peningkatan selain pemeliharaan berkala tahun ini. Namun terlepas jenis peningkatan atau pemeliharaan, yang jadi perhatiannya, bagaimana memertahankan kemantapan jalan.

Bedanya peningkatan dengan pemeliharaan? Bahas Baihaki, orientasi peningkatan jalan, untuk meningkatkan struktur. Sedangkan pemeliharaan, memertahankan kemantapan jalan. Targetnya sama, jalan mulus.

Ada 13 titik pemeliharaan berkala siap dilancarkan. Termasuk satu pekerjaan perbantuan pada ruas jalan Kab.Tasikmalaya, di wilayah Kec.Cineam-Singkup. Perbaikan di tiap ruas jalan mulai 1,7 km sampai 6 km

Infrastruktur provinsi ini membentang antar-kabupaten-kota. Dalam wilayah bina UPTD PJJ V, melintas sejak perbatasan Kab.Garut, kemudian memasuki Kab-Kota Tasikmalaya, Ciamis, Kota Banjar, hingga Pangandaran.

Dengan panjang jalan mencapai 280 km, yang terkena sentuh perbaikan lantaran rusak tahun ini sekitar 33,8 km. Prakegiatan pekerjaan, sebut Baihaki yang saat itu bersama Bagian Humas, Ade Uyu Suryana, sudah diawali pekan-pekan sebelumnya dengan pengukuran.

Kepada para penggarap pekerjaan, UPTD ini sudah menekankan rekanan agar segera memulai pekerjaan. “Kita berharap juga, di sejumlah ruas yang pendek, bisa selesai secepatnya. Jalan sudah mulus, memasuki Lebaran tahun ini”, pungkas Baihaki dan Ade. red
 

0 Komentar