IKA UPI Salurkan Beasiswa bagi Puluhan Mahasiswa UPI

Penyerahan simbolik Beasiswa IKA UPI oleh Sekretaris Jenderal IKA UPI Najip Hendra SP dan perwakilan pengurus kepada mahasiswa penerima beasiswa di Sekretariat IKA UPI, Kampus Bumi Siliwangi, Jalan Setiabudhi, Kota Bandung, Rabu (11/1/23).
Tasikplus, 11 Januari 2023                                                                                                  Pengurus Pusat Ikatan Alumni Universitas Pendidikan Indonesia (IKA UPI), menyerahkan bantuan beasiswa biaya uang kuliah tunggal (UKT) bagi puluhan mahasiswa. Penyerahan bantuan secara simbolik dilakukan Sekretaris Jenderal IKA UPI Najip Hendra SP, Rabu (11/1/23), di Sekretariat IKA UPI, Kampus Bumi Siliwangi, Jalan Setiabudhi, Kota Bandung.

Ketua Umum IKA UPI Enggartiasto Lukita menyaksikan dan menyampaikan sambutan secara virtual dari Jakarta. Menghadiri acara penyerahan itu para wakil dekan Bidang Kemahasiswaan dan perwakilan Direktorat Kemahasiswaan UPI. Dari tahapan proses seleksi akhirnya ditetapkan penerima bantuan beasiswa 30 orang asal delapan fakultas dan satu kampus daerah di lingkungan UPI.

Pernyataan Najip, sasaran para penerima bantuan ini merupakan mahasiswa berprestasi secara akademik dan kemahasiswaan, namun memiliki keterbatasan ekonomi. Penjaringan dan seleksi calon penerima beasiswa dilakukan sepanjang Desember 2022. Meliputi tahapan administrasi dan wawancara mendalam.

Tahapan seleksi oleh Bidang Pengabdian Masyarakat IKA UPI, turut melibatkan Direktorat Kemahasiswaan, Badan Bimbingan Konseling dan Pengembangan Karir (BKPK), dan para wakil dekan Bidang Kemahasiswaan di lingkungan UPI. Pengumuman hasil proses seleksi pada awal Januari 2023.

“Hari ini bantuan beasiswa diserahkan. Secara keseluruhan, total bantuan yang disalurkan Rp 33.490.000,00. Penerimaan bantuan dalam jumlah bervariasi sesuai golongan UKT, ujar Najip. 

Ada 75 pendaftar mengusulkan bantuan beasiswa. Kemudian 49 orang lolos seleksi administrasi yang diteruskan seleksi wawancara, dan akhirnya 31 mahasiswa dinyatakan berhak menerima beasiswa sesuai kategori yang ditentukan.

Merencanakan skenario fundraising
Dalam sambutannya, Enggartiasto menjelaskan Beasiswa IKA UPI merupakan bentuk kepedulian alumni terhadap adik-adiknya. Jumlah bantuan yang disalurkan berasal dari donasi alumni yang dihimpun dalam rekening khusus Beasiswa IKA UPI.

Pada tahap awal ini, bantuan yang disalurkan masih jauh dari kebutuhan. Pihaknya mendapat laporan bahwa pengajuan penangguhan pembayaran pada semester ini mencapai 2.124 mahasiswa. 

“Dibanding angka itu, jumlah yang bisa kami bantu belum seberapa. Namun demikian, ini adalah awal dari bergulirnya kembali program Beasiswa IKA UPI yang sempat terhenti beberapa waktu ke belakang,” bebernya.

Enggartiasto sempat menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada para donatur yang telah berpartisipasi dalam penggalangan dana Beasiswa IKA UPI. “Ke depan kami merencanakan skenario fundraising secara komprehensif dengan lebih melibatkan alumni serta berkolaborasi dengan dunia usaha,” lanjut Enggar, sapaan Enggartiasto Lukita.

Bantuan beasiswa IKA UPI disalurkan dalam dua pola. Pertama, reguler pada setiap semester. Kedua, berkesinambungan yang meng-cover biaya studi, pondokan, dan subsidi operasional. Khusus penyaluran reguler diberikan kepada mereka yang memiliki kesulitan membayar biaya pendidikan (UKT) pada pada semester berjalan. red/rls
 

0 Komentar