Kegiatan Perdana "Ngaji Politik" Lab. FISIP Unsil Bahas Filsafat Politik

Dihadiri beberapa kalangan. Laboratorium Ilmu Politik FISIP Unsil, Kamis (28/7), mengadakan kegiatan "Ngaji Politik".Mengangkat tema, Filsafat Politik. 


Bertempat di kampus FISIP Unsil, pastinya yang hadir, unsur mahasiswa, BEM dan BLM FISIP, Alumni FISIP, dan organisasi kemahasiswaan ektrakampus. 


Pemateri dalam kegiatan itu, Hendra Gunawan SIP MSi saat ditanya meyakini, out put dari kajian filsafat politik ini penting bagi mahasiswa.


Selain untuk menambah wawasan tentang politik dan perkembangan filsafat politik, tema ini juga memberikan pemahaman tentang pentingnya membaca realitas kehidupan sehari-hari. 


Membaca realitas menggunakan kacamata filsafat. Lebih spesifik lagi filsafat politik. Selain itu, Hendra masih mengatakan bahasan Lab. FISIP bermakna. 


Halnya dengan alasan pengambilan tema filsafat politik ini juga akan menggugah kesadaran mahasiswa tentang keharusan berpihak kepada masyarakat termarginalkan, baik secara ekonomi, politik, maupun sosial. 


Kegiatan ini juga bertujuan untuk mempertajam analisis kritis mahasiswa, terutama mahasiswa ilmu politik, dalam melihat permasalahan-permasalahan sosial kemasyarakatan. 


Dengan memahami realitas permasalahan di masyarakat secara baik, sebutnya, diharapkan mahasiswa-mahasiswa Ilmu Politik bisa memberikan solusi terbaik bagi perbaikan kehidupan masyarakat. 


Minimal mereka bisa memberikan masukan kepada pengambil kebijakan tentang langkah-langkah yang harus diambil oleh pemerintah daerah.


Kajian ngaji politik ini rencananya akan dilaksanakan secara berkesinambungan setiap seminggu sekali dengan tema-tema yang berbeda. Pembahasaan halnya berlanjut tentang Filsafat Politik Zaman Yunani, Zaman Renaissance, Aufklarung. Membedah tentang alam pikiran zaman modern, Zaman Postmodern sampai pembahasan tentang alam pikiran dunia Islam. 


"Inilah yang membedakan kegiatan ngaji politik dengan kajian-kajian yang lain.  Sorotan tema yang diambil dari pengalaman-pengalaman dan dari teori-teori tokoh politik yang berpengaruh di dunia. gus/rls

 

0 Komentar