Senin, 14 Maret Ini Puncak Pemilihan Rektor Unsil

 

Prof Deden Mulyana

Tahap demi tahap dilalui sudah. Pemilihan rektor Unsil periode 2022-2024, siap memasuki sesi puncak. Pemilihan tiga calon rektor yang disampaikan ke kementerian, bakal memasuki hari menentukan, Senin 14 Maret ini.

“Kita sudah mendapat kepastian hari pemilihan rektor pada Senin tanggal 14 Maret 2022. Sebelumnya, kita menyampaikan nama-nama calon rektor hasil penjaringan, penyaringan,” ucap Ketua Senat Universitas Siliwangi (Unsil), Prof Deden Mulyana.

Seperti diketahui, sejak Oktober 2021 agenda pemilihan rektor Unsil dimulai dengan pembentukan kepanitiaan. Semenjak itu pengumuman, penjaringan, seleksi administrasi, sampai pemaparan visi-misi, dll, dilaksanakan.

Terakhir, penyaringan lewat pemilihan oleh anggota senat Unsil. Menentukan tujuh bakal calon (balon) rektor menjadi tiga orang calon rektor, diawali proses pemaparan visi-misi, sebelum kemudian nama-namanya disampaikan ke Kemendikbud Ristek.

Sepanjang tahapan pemilihan, layaknya kontestasi menentukan pemimpin, tak ayal mengemuka dengan sayup-sayup dukung-mendukung antar-calon, sampai perjuangan kubu-kubu yang menyoal posisi rektor antara mesti oleh orang internal atau eksternal.

Memang peminat posisi rektor Unsil kali ini, hingga menghadirkan tujuh orang kandidat. Beberapa di antaranya datang asal kampus luar Unsil, seperti dari Unpad dan ITB. Situasi yang kemudian membelah warga kampus ada yang mendukung calon dari luar, selain dari dalam.

Menurut Prof Deden, untuk hari pemilihan sesuai agenda sebenarnya sudah diplot kepanitiaan. Namun ketika dalam pelaksanaan pemilihan rektor aturannya mesti dihadiri Mendikbud Ristek, akhirnya hari pemilihan disesuaikan dengan kesiapan menteri.

Meski pada akhirnya juga, pada saatnya nanti yang hadir bisa langsung menteri atau yang mewakili. Urgensinya lagi, ada hak suara menteri dalam pemilihan rektor sebesar 35% dari jumlah suara yang ada.

“jadi yang memilih atau punya hak suara nanti di pemilihan, bukan saja jajaran senat Unsil yang berjumlah 25 orang, tapi juga menteri atau yang mewakilinya. Jumlah suara terbanyak yang akan memastikan siapa terpilih,” sambung Prof Deden. gus


 

0 Komentar