Kepengurusan dan Semangat Baru IPKB Karawang

Ketua IPKB Jabar Najip Hendra (depan kedua dari kiri), Ketua IPKB Karawang Wahyudi, menandatangani berita acara pelantikan disaksikan Kepala DPPKB) Kab.Karawang Sofiah, dll. dalam rangkaian acara itu.
Tasikplus.com-Kepengurusan baru Cabang Ikatan Penulis Keluarga Berencana (IPKB) Kabupaten Karawang, periode 2024-2029 dikukuhkan. Pelantikannya pada Senin (19/2), dilakukan Ketua IPKB Jawa Barat Najip Hendra SP.


Prosesi pelantikan berlangsung di Hotel Grand Karawang Indah. Menghadiri acara itu, Kadis Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kab.Karawang Sofiah beserta jajaran, para admin media sosial satuan pelaksana program KB kecamatan, pengurus IPeKB Karawang, kalangan stakeholders pelayanan KB, Himpunan Mahasiswa Remaja Masjid Karawang (Hirmaka), dll.

Dalam sambutan pengantarnya, Najip mengungkapkan, keberadaan IPKB merupakan bentuk dukungan publik terhadap program pembangunan keluarga, kependudukan, dan keluarga berencana (Bangga Kencana). 

Dengan dominasi kalangan jurnalis, IPKB menjadi jembatan bagi para pemangku kepentingan dalam advokasi program kepada pimpinan daerah mapun legislatif dan kalangan usaha. Fungsi ini menjadi bagian tak terpisahkan dari upaya komunikasi, informasi, dan edukasi (KIE) kepada masyarakat.

Najip melukiskan, peran media menemukan momentumnya dalam konteks kolaborasi pentahelix. Media menjadi salah satu pondasi utama dalam skema ABCGM yang mempertemukan sinergi antara akademisi (academics), dunia usaha (business), masyarakat (community), pemerintah (government), dan media. 

Kolaborasi multipihak ini diyakini mampu menjadi daya ungkit pembangunan di suatu daerah. Meski begitu, Najip mengingatkan agar jurnalis anggota IPKB tidak melupakan fungsi utamanya. Selain menjalankan fungsi informatif, fungsi pendidikan, juga kontrol sosial.

Kepala DPPKB Kabupaten Karawang Sofiah yang menyampaikan sambutan mewakili Bupati Aep Syaepuloh menyampaikan apresiasinya atas kiprah IPKB Karawang yang selama ini aktif menginformasikan Bangga Kencana di Karawang. Meski secara formal baru dilantik pada hari ini, kolaborasi DPPKB-IPKB sudah berlangsung cukup lama.

Sofiah berharap IPKB Karawang terus menjadi garda terdepan dalam penyebarluasan informasi program Bangga Kencana dan percepatan penurunan stunting. Harapan ia lainnya, ke depan tidak ada lagi kasus baru stunting di Kabupaten Karawang. Semoga kita bisa memujudkan Kabupaten Karawang zero new stunting!” tambah Sofiah.

Dengan pelantikan kepengurusan itu, Ketua IPKB Kabupaten Karawang Wahyudi punya tekad, ke depan peran media, aktivitas, dan akademisi makin masif dalam bantu program percepatan penurunan stunting dan Bangga Kencana di Karawang. Pesan atau target-target pembangunan Bangga Kencana dapat tercapai. 

“Dan, semoga di akhir 2024 ini Kabupaten Karawang mencapai zero new stunting. Tidak ada lagi bayi yang lahir dalam keadaan stunting,” pungkas Wahyudi. Adapun jajaran pengurus IPKB Karawang terdiri 30 pegiat kepenulisan, mulai kalangan jurnalis, akademisi, hingga influencer media sosial. gus
 

0 Komentar