Jalankan PbM di Gunungsari Dosen Teknik Sipil Unsil Akrabkan Masyarakat tentang Mitigasi Bencana

Melalui pendekatan di antaranya dengan penyuluhan, tim dosen program PbM Teknik Sipil Unsil, memberikan bimbingan tentang mitigasi bencana, dihadiri berbagai kalangan warga Desa Gunungsari.
Seperti makin sering dan bervariasi akhir-akhir ini, kejadian bencana dirasa. Diakibatkan alam atau disebabkan manusia. Terjadi di Indonesia. Tidak terkecuali itu dirasakan masyarakat pengujung selatan Kab.Tasikmalaya. Tepatnya di Desa Gunungsari, Kec. Cikatomas.

Bencana yang datang tentu sering kali berdampak negatif secara masif terhadap wilayah dan masyarakat terkena. Setelah datang tiba-tiba. Memahami hal ini, baik di kalangan pemerintah apalagi di masyarakat, masih sangat beragam menanggapi peristiwa bencana ini.

Beberapa di antara kalangan memang sudah ada yang memahami hingga mampu menangani efek satu peristiwa bencana. Beberapa lainnya masih tidak sadar serta kesulitan menghadapi risiko bencana.

Menyikapi hal itu, sekalangan akademisi jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik (FT) Unsil Tasikmalaya, melancarkan kegiatan Pengabdian bagi Masyarakat (PbM) di Desa Gunungsari, Kec.Cikatomas, Kab.Tasikmalaya. Kegiatan dilaksanakan setelah sebelumnya melakukan survei

PbM bertema Penyuluhan Mitigasi Bencana yang diikuti puluhan orang terdiri unsur pemerintahan desa dan perwakilan warga. Para dosen yang melaksanakan ini diketuai Ir Nina Herlina Dra MT. Beranggota, Gary Raya Prima SPd MT, Mohammad Syarif Al-Huseiny ST MT, Zakwan Gusnadi ST MT.

Menurut Nina Herlina, memang terdapat hal mendasar yang menjadikan pihak pemerintah atau masyarakat kesulitan dalam menangani risiko bencana yang ada di wilayahnya masing-masing.

Halnya itu berkenaan belum diketahuinya area potensi bencana yang dapat jadi petunjuk wilayah prioritas penanggulangan bencana, serta kurangnya pemahaman terhadap kebencanaan dan upaya mitigasinya. Dalam sosialisasi dihadirkan juga pemateri dari BPBD Kab. Tasikmalaya.

PbM berlangsung sehari pada Rabu (12/6). Dipusatkan di balai desa. Melalui kegiatan ini, ungkap Nina, diharapkan dapat mengedukasi warga Desa Gunungsari tentang potensi bencana dan upaya mitigasinya, zonasi area yang memiliki potensi bencana yang tinggi.

Kemudian warga Desa Gunugsari dalam pemahaman kesiapana lebih menghadapi potensi bencana di desanya. Khususnya dalam meminimalisasi dampak ditimbulkan saat bencana terjadi. gus
 

0 Komentar