Separuh Usulan Pemeliharaan Jalan Provinsi di WP V Siap Teralokasi

Sejumlah ruas jalan provinisi dalam kondisi memerlukan perbaikan. Tahun 2023 ini kebutuhan anggarannya siap dikucurkan, setelah di masa pandemi Covid-19 teralihkan.(Dok.Tasikplus.com) 

Tasikplus, 8 Februari 2023                                                                                               Mengemuka, Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (BMPR) Provinsi Jabar, siap mengalokasikan anggaran lebih Rp 600 miliaran, untuk kebutuhan penanganan pemeliharan ruas-ruas jalan rusak memasuki 2023.


Terdengar dalam perhatian kembali seperti biasanya, setelah di masa pandemi Covid-19 tersita ke kebutuhan penanganan pandemi. Pada 2021-2022, banyak ruas jalan tak optimal mendapat perbaikan pemeliharaan.


Uang senilai lebih Rp 600 miliar tentunya akan diserap kantor-kantor UPTD Pengelolaan Jalan dan Jembatan Wilayah Pelayanan (PJJ WP) di lingkup Dinas BMPR Jabar.

Halnya penuturan Kustoyo ST, kepala UPTD PJJ WP V, pihaknya bakal menerima kucuran anggaran Rp 63 miliar tahun ini bagi kebutuhan penanganan pemeliharaan jalan rusak di wilayahnya.

Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) PJJ Wil.V, menangani pengelolaan ruas-ruas jalan provinsi yang melintas enam wilayah kab/kota, terdiri Kab/Kota Tasikmalaya, Ciamis, Pangandaran, Kuningan dan Kota Banjar.

Alokasi yang diterima tersirat menenangkan, jika dibanding pada masa pandemi yang morat-morat sementara jalan rusak menunggu perbaikan. Jajaran di UPTD tahun-tahun lalu berusaha menyiasati bolong-bolong jalan.

Saat ditanya, apakah dengan alokasi (Rp 63 m) itu cukup memenuhi kebutuhan kerusakan jalan? Menurutnya, ini cukup membantu. Akan diatur fokus pemeliharaan di tiap ruas jalan yang rusak, berkisar 2- 5 meter.

“Sebenarnya kalau usulan yang kita sampaikan sih mencapai Rp 130 miliar. Tapi, persepsi kita kan dinas juga mesti mengatur mana kondisi yang mesti jadi skala prioritas,” ujar Kustoyo, Selasa (7/2).

Di lingkup PJJ WP V ini, ruas jalan provinsi berkisar 12% dari total panjang jalan dalam pengelolaan Dinas BMPR Jabar 2.360 km. Untuk yang siap pemeliharaan antara lain ruas selepas perbatasan Kab.Garut-Kab.Tasik, kemudian Tasik – Karangnunggal, Tasik – Manonjaya, dan beberapa titik dalam wilayah perkotaan Kab.Kuningan. red
 

0 Komentar