Para Pemuka Agama Priatim Hadiri Puncak Perayaan Imlek 2574

 

Perayaan Imlek 2574 di Kota Tasik, terlihat semarak. Dihadiri berbagai tokoh agama di wilayah Priatim.
Tumplek di lokasi acara. Ratusan keluarga keturunan Tionghoa sewilayah Priangan Timur (Priatim), Minggu (29/1/2023) malam, menggelar puncak perayaan Hari Raya Imlek 2574. Dipusatkan di Graha Plaza Asia, Jalan HZ Mustofa, Kota Tasikmalaya,

Menghadiri acara itu tampak unsur pimpinan Kanwil Kemenag Jabar, ara ketua forum kerukunan umat beragama (FKUB) di wilayah Kota Tasikmalaya, Banjar, Ciamis, Kab.Pangandaran, jajaran pimpinan MUI, pengurus Nahdlatul Ulama (NU), GP Ansor.

Sedangkan warga keturunan Tionghoa datang dari wilayah Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, Pangandaran, Bandung, Cirebon. Kemudian pengurus Klenteng Hok Tek Bio, Pengurus Majelis Agama Konghucu, dan Rohaniwan Gereja Bethel Indonesia.

Saat mewakili memberi sambutan, Ketua Majelis Ulama Indonesia yang sekaligus FKUB Kota Tasikmalaya, KH Ate Musodiq mengatakan, perayaan Imlek yang dilakukan di Tanah Air akrab pascaperhatian atau kebijakan yang ditunjukkan di era Presiden KH Abdurrahman Wahid (Gusdur), hingga memberikan waktu libur bagi warga Tionghoa supaya merayakannya.

Perhatian kemudian berlanjut sampai Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat ini. "Kalau sudah tiba perayaan Imlek, saya jadi teringat guru saya, Gusdur. Beliau selama menjabat presiden RI, yang mencetuskan Hari Imlek bebas digelar di Indonesia, dijadikan hari libur Nasional,” ujarnya.

Perayaan Imlek dihadiri oleh seluruh pemuka agama, sambungnya, ini menjadi bukti nyata di Tasikmalaya, kehidupan warganya cukup toleran, dan tidak benar kalau ada berita menuyebutkan intoleran. Karena, ini nyatanya para pemuka agama ada di perayaan Imlek. Ini bukti refleksi kebersamaan, suatu kemajuan, di Kota Tasikmalaya.

Pernyataan KH Ate berikutnya, ia menilai sejauh ini warga Tionghia di Indonesia, cukup membantu denyut perekonomian di daerah. Penuh kegigihan mereka selama ini mengontribusi pembangunan. “Jadi, terima kasih kepada warga Tionghoa di Indonesia dan Selamat Hari Raya Imlek 2574," imbuhnya.red


 

0 Komentar