Ketua Kwarda akan Reaktivasi Gudep Kepramukaan di Jabar

 

Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jabar, Atalia Praratya, melantik pengurus Pj Wali Kota Tasikmalaya, Cheka Virgowansyah, sebagai ketua Mabicab Pramuka Kota Tasikmalaya.

Menilai penting keberadaannya dalam kegiatan Gerakan Pramuka. Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jawa Barat, Atalia Praratya Ridwan Kamil menyatakan akan mengaktifkan kembali gugus depan (Gudep) di setiap lembaga pendidikan hingga tingkat desa.

Hal itu ia nyatakan saat ditemui usai kegiatan melantik pengurus Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kota Tasikmalaya di halaman Balai Kota Tasikmalaya, Sabtu (28/1).  "Kita berkomitmen dengan jajaran kwartir cabang dan ranting sampai tingkat desa untuk mereaktivasi gugus depan," ujarnya.

Menurut isteri gubernur Jabar itu, pascapandemi COVID-19 tak sedikit kelembagaan gugus depan di sekolah yang kesekretariatannya tidak aktif dan kurikulum kepramukaan pun tidak berjalan walaupun para anggotanya aktif mengenakan atribut Pramuka.

"Mungkin karena pandemi Covid-19 banyak gugus depan jadi tidak aktif meskipun hal yang lainnya tetap ada dan memakai atribut Pramuka. Namun sekretariatnya tidak ada dan kurikulumnya pun tidak berjalan," ungkapnya.

Gudep merupakan kesatuan organik dalam Gerakan Pramuka yang menjadi wadah untuk menghimpun anggota sebagai peserta didik dan pembina Pramuka. Gugus depan juga telah diamanatkan oleh pemerintah dan setiap anak didik sekolah adalah anggota Pramuka.

Saat ini anggota Pramuka se-Jabar tercatat lebih dari 8 juta orang. Potensi besar ini harus terasa manfaatnya oleh masyarakat melalui berbagai kegiatan kepramukaan. Sementara itu, anggota pramuka Kota Tasikmalaya saat ini berjumlah 9.745 orang.

Dalam kehadirannya di Kota Tasik itu, Atalia melantik Penjabat Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah sebagai Ketua Mabicab Kota Tasikmalaya masa bakti 2023-2028. Kemudian melantik Muhammad Yusuf menjadi Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Tasikmalaya.red


 

0 Komentar