Kustoyo, “Tentunya Senang tapi Ini Tantangannya Juga Berat”

Kustoyo ST MT

Sebelumnya menjabat kepala seksi (kasi) Pembangunan UPTD Pengelolaan Jalan dan Jembatan (PJJ) Wilayah V. Sosok pejabat ramah ini kini naik menempati posisi kepala UPTD (Unit Pelaksana Teknis Dinas) PJJ Wilayah V Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Pemprov Jabar.


Sosok ini tak lain, Kustoyo ST MT. Ia mendapat kepercayaan lebih pimpinannya, memperoleh promosi jabatan itu bersamaan pelantikan sejumlah pejabat pemprov yang dirotasi/mutasi berlangsung, Rabu (16/3). Kepala UPTD PJJ Wilayah V sebelumnya, Adnan Guntara, berpindah ke Dinas Perhubungan.

Ditanya bagaimana dengan perasaannya mendapat promosi jabatan, “Tentunya ya senang dengan kepercayaan yang diberikan pimpinan. Namun juga ini tantangan bagi saya, tantangannya berat di tengah situasi yang ada,” jawabnya sembari tersenyum, di ruang kerjanya, Kamis (17/3).

Menerangkan sambutannya senang, lantaran tak ia sangka-sangka memperoleh amanah memimpin UPTD dari semula kepala seksi. Malah, mendapat undangan mengikuti pelantikan yang bisa dikata keesokannya setelah menerima informasi atau undangan.

Sedangkan yang disebutkannya ada tantangan di balik amanah itu, di tengah fokus penggunaan anggaran pemerintah dalam penanganan pandemi covid saat ini, mengalihkan anggaran pada banyak kegiatan, termasuk untuk lingkup UPTD-nya yang saat ini menerima penganggaran pemeliharaan jalan seperempatnya dari alokasi biasa.

“Situasinya seperti itu, pada sisi lain kita harus dapat mengawal kelaikan jalan dari kerusakan-kerusakan yang ada, sejak seukuran kebutuhan pemeliharaan biasa sampai peningkatan. Belum lagi respons-respons masyarakat yang mudah mereaksi ketika adanya kerusakan jalan,” sambungnya.

Tekadnya kemudian menyamakan persepsi dengan jajaran di internal untuk tetap berkinerja maksimal. Melakukan efisiensi, pemanfataan sisa-sisa material yang ada, bagiamana menjalankan kegiatan pemeliharaan dengan alokasi yang ada, dll. Guna terus menangani kerusakan jalan akibat penurunan kelaikan yang ada. gus
 

0 Komentar