Kampus Akpar Siliwangi Tempa Jiwa Nasionalisme Mahasiswanya dengan PBN

Menandai pembukaan PBN, Mayjen TNI (Purn) H Dedi Kusnadi Thamrin, mengenakan topi kepada perwakilan instruktur dan mahasiswa peserta kegiatan.


Meneguhkan nasionalisme jiwa mahasiswanya. Kampus Akademi Pariwisata (Akpar) Siliwangi Tasikmalaya, menggelar kembali Pendidikan Bela Negara (PBN) Tahun 2022. Kali ini PBN diikuti puluhan mahasiswa. Dikonsentrasikan di lapangan sekitar Gedung Kesenian, kompleks Olahraga Dadaha, Kota Tasikmalaya.


Berlangsung lima hari dan berakhir Kamis (10/3), anggota Pembina Yayasan Universitas Siliwangi (YUS), Mayjen TNI (Purn) H Dedi Kusnadi Thamim, membuka PBN dalam satu upacara. Hadir saat pembukaan, jajaran pengurus yayasan, direktur Akpar dan kalangan dosen, kepala Disporabudpar, kepala BPBD Kota Tasikmalaya, dll.

Pernyataan H Dedi Kusnadi, mahasiswa adalah penerus bangsa yang dinilainya patut punya idealisme kuat. PBN dimaksudkan memberikan wawasan tentang nilai kebangsaan, menanamkan cinta Tanah Air. Semangat persatuan dan kesatuan, rela berkorban, sebagaimana itu dipesankan para pejuang pendahulu bangsa.

Serangkaian materi yang disampaikan dalam PBN antara lain bertopik, Kejuangan Siliwangi, Landasan dan Konsep Bela Negara, Identitas dan Ketahanan Nasional, Anti-Terorisme, Radikalisme dan Nazpa, Wawasan Nusantara dan Wawasan Kebangsaaan. Di sesi latihan fisik, pembinaan disiplin melalui olahraga, pelatihan baris-berbaris (PBB), dan outbound.

Pada bahasan teori, disampaikan di dalam gedung. Tercatat pemateri selain beberapa purnawirawan jenderal di YUS, terdiri dandim, kapolres, kepala BPBD, serta komandan Brigif 13/Galuh Tasikmalaya. 65 orang peserta PBN Akpar Siliwangi tahun ini mahasiswa angkatan tahun 2020-2021. gus
 

0 Komentar