Akpar Siliwangi Banyak Jalin Kerja Sama dengan Dunia Industri

 

Para mahasiswa kampus Akpar Siliwangi di satu kegiatan studi kampusnya

Mengelola kegiatan akademik serius. Kampus Akademi Pariwisata (Akpar) Siliwangi, Tasikmalaya, menjalin hubungan kerja sama dengan dunia industri. Tak saja dengan korporasi di Tanah Air, tapi hingga ke mancanegara.


“Ini untuk kepentingan pembelajaran mahasiswa. Guna kompetensinya yang mumpuni. Kita jalin kerja sama dengan kalangan dunia industri,” ujar Direktur Akpar Siliwangi, Hj Tuti Iriani, dalam satu obrolan, Rabu (12/1).

Sejak berpuluh tahun kampusnya hadir. Menempa pendidikan vokasi, bidang kepariwisataan khususnya jenjang Diploma (D3) Perhotelan. Membina mendidik tenaga profesional bidang perhotelan.

Tuti mengabsen beberapa kota besar tempat korporasi perhotelan khususnya yang sudah menjalin kerja sama dengan Akpar Siliwangi itu, mulai di Kota Bandung, Jogja, Surabaya, Bali. Yang di luar negeri ada di Thailan, Malaysia dan Taiwan.

Dari kerja sama itu, kesepakatannya jadi tempat praktik mahasiswa hingga penyerapan kerjanya saat mahasiswa lulus. Kerja sama juga sebagai implementasi dari visi-misi kampus yang bermuatan Kurikulum Level Asia.

“Yang tak kalah kita maknai lagi, jadi mitra yang memberi masukan perkembangan-perkembangan tren kebutuhan keterampilan untuk kepentingan relevansi kurikukulum sejalan kondisi zaman,” imbuh Tuti.

Pada kenyataannya lagi efek kerja sama, membawa berkah. Banyak lulusan Akpar Siliwangi yang bekerja di luar negeri. Seperti data yang dimiliki Tuti, alumninya ada yang bekerja di Itali, Dubai dan Jepang.

Memasuki Januari awal tahun 2022 ini, kampus beralamat di Jl.Peta Kota Tasik itu, sudah membuka pendaftaran bagi mahasiswa barunya. Malah, mewacana di kampus ini dalam pembahasan melakukan pengubahan status menjadi politeknik nantinya.

Pengelolaan kampus Akpar Siliwangi yang sudah terakreditasi BAN PT, dalam naungan Yayasan Universitas Siliwangi. gus
 

0 Komentar