952 Mahasiswa Baru Unper Tasikmalaya, Mengikuti Prosesi Pelantikan dan PPKMB

 

Menandai pengesahan sebagai warga kampus baru Universitas Perjuangan (Unper) Tasikmalaya. Mahasiswa baru angkatan tahun akademik 2021/2022, mengikuti prosesi pelantikan yang berlangsung di Gedung Mashudi kampus Unper, Rabu (15/9).

Prosesi pelantikan diteruskan pembukaan kegiatan Program Pengenalan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PPKMB) Unper Tahun 2021. Seremoni acara dengan satu sidang terbuka Senat Universitas Perjuangan. Hadir dalam acara, Badan Pembina dan pengurus Yayasan Univeristas Siliwangi (YUS).

Mengawali pidato, Rektor Unper Prof H Yus Darusman menyampaikan apresiasi khusus pada wargu kampus barunya yang telah memberi kepercayaan pada Unper, menjadi tempat mengais ilmu, pilihan studi. Sejak berdiri enam tahun ini, akunya, kehadiran Unper terus ditandai dengan animo peserta belajar yang meningkat.

Masih keterangannya, Unper sampai saat ini mampu menunjukkan kebanggaan-kebanggan. Menempatkan kesejajaran diri seperti dengan capaian-capaian prestasi yang diraih. Pada sisi lain, pihaknya terus berusaha memacu mutu penyelenggaraan lembaga.

“Unper senantiasa menjunjung tinggi kualitas, baik kualitas pendidik, tenaga kependidikan, layanan, isi kurikulum. Kualitas proses pendidikan, kualitas penilaian hasil belajar, dan kualitas sarana prasarana,” ungkapnya.


Memberi pembekalan

Menerangkan seputar PPKMB, pada bahasan lain rektor, kegiatan bertujuan memberi pembekalan kepada mahasiswa baru agar dapat lebih cepat beradaptasi dalam lingkungan kampus. Terutama di aspek pembelajaran dan kemahasiswaan.

“Dengan kemampuan beradaptasi ini, mahasiswa baru akan memilki kesiapan mengikuti semua progam belajar dan pembelajaran yang pada akhirnya akan membuat mahasiswa lancar dan sukses menempuh studi,” yakin Prof Yus.

Seluruh kegiatan PKKMB, imbuhnya, dilaksanakan berdasarkan keterbukaan, demokrasi, dan humanis, yaitu kemanusiaan dan persaudaraan. Merujuk pada pedoman dari Dirjen Belmawa Kemenristek Dikti.


Banyak materi disampaikan

PKKMB digelar empat hari, dimulai Rabu (15/9). Materi kegiatan disampaikan secara virtual, sehubungan masih di masa pandemi covid. Banyak materi disampaikan dalam kegiatan. Halnya tentang wawasan kebangsaan dan wawasan nusantara, bela negara, generasl education, pendidikan tinggi di Era 4.0.

Kemudian, bahasan kegiatan seputar akademik di perguruan tinggi, budaya nasional, tatakrama dan etika keilmuan, motivasi berprestasi, green living, siaga bencana, organisasi dan kegiatan kemahasiswaan.

Para pemateri dan fasilitator, melibatkan unsur eksternal seperti dari Makodim Tasikmalaya, petinggi Pemkot Tasikmalaya, selain unsur pimpinan di lembaga YUS penaung Unper, pimpinan kampus serta mahasiswa senior, pengurus ormawa.

Jumlah mahasiswa yang mendaftar ke Unper tahun ini 1.200-an orang. Kemudian yang melakukan registari ulang hingga dilantik Rabu kemarin sebanyak 952 orang. gus